Memasuki Akreditasi Internasional, Prodi Kimia UNJA Siap Berdaya Saing Global

sekitarjambi.com – Kota Jambi, Prodi Kimia Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Jambi memasuki tahap akreditasi internasional yaitu dengan melakukan visitasi akreditasi yang dilakukan secara daring, oleh Royal Society of Chemistry (RSC) Inggris, yang berlangsung selama sehari yakni pada 24 Mei 2022.

Prof. Damris Muhammmad, Ph.D. selaku Dekan Fakultas Sains dan Teknologi UNJA, menyampaikan RSC merupakan lembaga internasional yang khusus melakukan akreditasi Program Studi Kimia di seluruh dunia. Untuk indikator pemenuhan akreditasi Prodi Kimia UNJA sendiri telah matang disiapkan dari setahun lalu. Hal-hal yang dilakukan, yakni mulai dari pelaksanaan workshop akreditasi hingga kelengkapan dokumen.

“RSC akan memberikan penilaian terhadap Program Studi Kimia Universitas Jambi, apakah kita sudah memenuhi standarnya, dengan harapan kita akan mendapatkan sertifikat internasional,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Rektor Universitas Jambi, Prof. Drs. H. Sutrisno, M.Sc., Ph.D. menjelaskan terkait pentingnya akreditasi internasional sebagai rencana pengembangan UNJA sesuai dengan visi UNJA SMART 2020 – 2024. Akreditasi internasional ini didorong untuk meningkatkan daya saing global.

“Langkah yang dilakukan UNJA, yaitu menawarkan platform UNJA SMART. Melalui student achievement, ikut lomba mahasiswa asing, lintas budaya dan sebagainya, dan management transformasi,” ujarnya.

Selanjutnya, Prof. Sutrisno menuturkan jika nantinya Progrm Studi Kimia Universitas Jambi telah mendapatkan akreditasi internasional, maka pihak kampus akan melakukan pembaharuan untuk pendidikan global, seperti memperbarui infrastruktur, kurikulum, dan lain sebagainya.

“Bagi Universitas Jambi, ini adalah program studi yang ketiga untuk melakukan akreditasi internasional. Akhir tahun akan dilaksanakan visitasi ulang, untuk memastikan kelengkapan labor, kelengkapan bukti fisik-fisik lain,” ungkap Prof. Sutrisno. (Ut)

www.unja.ac.id

Bagikan
error: