SKK Migas – PetroChina Dukung Peran UMKM di Industri Hulu Migas

sekitarjambi.com – Workshop Peningkatan Daya Saing Nasional 2021 oleh Kementerian Investasi/BKPM sukses dilaksanakan di Kota Palembang. Pada kesempatan ini, PetroChina Internasional Jabung Ltd. memperkenalkan potensi kerja sama yang dimilikinya dengan UMKM.

Saat ini, PetroChina memiliki tiga lapangan kerja wilayah Sumatera Bagian Selatan yaitu Blok Jabung, Blok West Jambi II, dan Blok Bangko. Ketiga blok ini menyerap tenaga lokal dan juga memberdayakan UMKM di wilayah sekitarnya.

VP SCM PetroChina Internasional Jabung Ltd., Gusminar menjelaskan, produksi Blok Jabung terus konstan semenjak tahun 2006.

“Blok Jabung yang kami Kelola telah sukses menjaga produksi harian di angka >50.000 BOE. Sebagian besar produksi kami dari gas dan LPG,” ujar Gusminar pada Kegiatan Workhop Kementerian Investasi/BKPM dan SKK Migas, Kamis (15/7/2021).

“Komitmen kami untuk pelibatan pengusaha daerah sudah kami lakukan sejak dulu,” tambahnya.

Gusminar menjelaskan, semenjak diberlakukannya PTK (Pedoman Tata Kelola) 007 Rev-4 dalam pengadaan barang dan jasa dengan nilai kurang dari sama dengan Rp. 10.000.000.000 hanya dapat diikuti oleh pengadaan barang dan jasa yang berdomisili di wilayah provinsi daerah operasi utama kontraktor kerja sama (KKKS).

Selain memaparkan potensi kerja sama, dalam kegiatan ini pihak PetroChina juga mengajak pengusaha daerah yang hadir untuk dapat mengikuti kegiatan pembinaan vendor lokal yang dilakukan.

“Kami secara aktif akan membina vendor-vendor lokal. Ada vendor day dari SKK Migas dan KKKS yang pernah kami selenggarakan tahun 2019 lalu. Kegiatan ini akan membatu pengusaha lokal/vendor meningkatkan kapasitasnya,” ujar Gusminar.

“Kami juga akan memberikan penghargaan kepada vendor lokal dengan kinerja baik. Ini penting karena kami ingin mitra kami memiliki semangat dan terus berinovasi untuk kemajuan bersama,” ujar Gusminar dalam paparannya.

Dalam presentasi akhir, Gusminar memaparkan peluang kolaborasi yang bisa dimanfaatkan para pengusaha lokal, salah satunya adalah pembangunan dan perancangan infrastruktur gas, yang saat ini tengah disusun untuk menghubungkan pipa gas Sumatera Selatan dan Jawa.

Sementara itu, Direktur Pemberdayaan Usaha Kementerian Investasi/BKPM, Anna Nurbani menjelaskan, kegiatan ini ditujukan untuk mengajak pengusaha daerah untuk ikut terlibat aktif dalam industri penunjang hulu migas.

“Workshop ini kami hadirkan di beberapa daerah, agar peran pengusaha muda terus meningkat dalam industri hulu migas nasional, sehingga secara tidak langsung akan membuat industri hulu migas semakin bergairah untuk investasi.” tutupnya. (Ut)

Bagikan

Tinggalkan Balasan

error: