Digagas 2008, Politeknik Jambi Sejak Lama Berlakukan E-Learning

sekitarjambi.com – Kota Jambi, Perkuliahan online atau E-Learning, bukan hal baru bagi Politeknik Jambi. Sejak tahun 2008, Politeknik Jambi sudah memberlakukan sistem E-Learning, guna memudahkan aktivitas belajar mengajar antara dosen dan para mahasiswa.

Politeknik Jambi sudah selangkah lebih maju, dalam mengimplementasikan sistem pembelajaran online ini. Ada dua sistem E-Learning yang diterapkan oleh politeknik Jambi, yakni menggunakan Edmodo dan Moodle. Untuk platform Moodle sudah diberlakukan mulai tahun 2008. Sedangkan platform Edmodo diberlakukan sejak tahun 2016.

Dosen Teknik Mesin Politeknik Jambi, Sukadi menuturkan, untuk platform Edmodo, pengoperasiannya mirip dengan sistem media sosial yakni facebook, yakni ramah terhadap pengguna. Platform E-Learning ini juga sudah diterapkan secara konsisten oleh Politeknik Jambi hingga saat ini. “Kita sudah melakukan perkuliahan jarak jauh sejak lama, ini juga merupakan implementasi era digital 4.0 sebelum wabah covid-19 melanda,” ujarnya.

Untuk platform Moddle, dituturkan Syukriati selaku kepala biro administrasi dan akademik Politeknik Jambi, merupakan aplikasi dari learning management system, yang memiliki fitur yang lebih lengkap, menggunakan lisensi open-source yang bisa diakses oleh semua. “Kita gunakan ini karena berbagai pertimbangan,” jelasnya.

Dari segi sistem berbasis web, dapat diedit sesuai kebutuhan institusi. Dijelaskan, ada dua fitur di moodle yakni fitur activity dan fitur resource. Fitur activity berupa pemberian tugas dari dosen kepada mahasiswa, beragam kuis berupa multiple choice, serta forum diskusi. Sedangkan fitur resource berupa upload materi dari dosen berupa format pdf, word, excel, dan powerpoint. (Wri)

Bagikan

34 thoughts on “Digagas 2008, Politeknik Jambi Sejak Lama Berlakukan E-Learning

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: