UNJA Luncurkan KKN Kebangsaan dan KKN Bersama BKS PTN Wilayah Barat 2021

sekitarjambi.com – Jambi, KKN Kebangsaan dan KKN Bersama BKS PTN Wilayah Barat resmi dibuka pada Sabtu (24/07/2021) pagi. Gubernur Jambi, Al Haris resmi membuka KKN tersebut, dengan memukul rebana sebagai simbol pembukaan, berlokasi di Balairung UNJA.

Ketua Panitia KKN Kebangsaan dan KKN Bersama BKS PTN Wilayah Barat, Dr. Drs. Jodion Siburian, M.Si. mengatakan, gelaran KKN ini dilaksanakan secara hybrid.

“Artinya pelaksanaan dilakukan secara online dan offline,” ujarnya usai pembukaan.

Dijelaskannya, target semula peserta KKN Kebangsaan dan KKN Bersama BKS Wilayah Barat adalah 87 PTN se-Indonesia dan wilayah barat. Namun kondisi pandemi memaksa adanya pengurangan kuota kepesertaan.

“Alhamdulillah, 48 perguruan tinggi sudah memastikan keikutsertaannya. Dan yang saat ini hadir di Balairung UNJA ada perwakilan dari 24 perguruan tinggi,” ujarnya.

Jodion menjelaskan, karena kondisi pandemi, semula 5 orang wakil dari masing-masing perguruan tinggi sebagai peserta, kini menjadi 2-5 orang. Sehingga total 390 orang yang mengikuti KKN Kebangsaan dan KKN Bersama BKS PTN Wilayah Barat di Kabupaten Muarojambi dan Kabupaten Tanjung Jabung Timur pada tahun 2021.

“Semangat yang diusung sangat mulia, yakni dengan inovasi pembangunan daerah berbasis agroindustri dengan memperhatikan local concern,” paparnya.

Sementara itu, Rektor Universitas Jambi, Prof. Sutrisno mengaku bangga mendapat kepercayaan KEMENDIKBUDRISTEK RI menjadi tuan rumah KKN Kebangsaan dan KKN Bersama BKS PTN Wilayah Barat ini.

“Ini penting buat UNJA dan Jambi. KKN Kebangsaan ini bisa menunjukkan academic atmosphere kepada mahasiswa UNJA. Mereka bisa melihat sendiri keberagaman kita. Kita adalah masyarakat majemuk yang ada dalam satu wadah NKRI,” ujarnya.

Lebih jauh Prof. Sutrisno mengungkapkan, dalam pelaksanaannya para peserta diharap dapat mengimplementasikan disiplin ilmu yang dipelajari di tengah masyarakat.

“Ini sesuai dengan semangat yang dicanangkan “Mas Menteri” tentang Merdeka Belajar, Kampus Merdeka,” sambungnya.

Diketahui, KKN Kebangsaan menempatkan peserta di 12 posko di Kabupaten Tanjung Jabung Timur dan 8 posko di Kabupaten Muarojambi. Para peserta terjun langsung ke masyarakat untuk membantu berbagai sektor, mulai dari ekonomi kreatif, pertanian, pendidikan, dan berbagai disiplin ilmu yang mereka dapatkan di bangku kuliah.

Sementara itu, Gubernur Jambi, Al Haris pada moment pembukaan sangat mengapresiasi kegiatan KKN Kebangsaan dan KKN Bersama BKS PTN Wilayah Barat. Al Haris berharap, peserta KKN dapat menjadi pelopor di tengah masyarakat desa, dalam menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

“Harapannya KKN ini dapat memberikan edukasi kepada masyarakat bagaimana cara mencegah terjadinya stunting. Mengingat permasalahan stunting turut menjadi masalah yang disoroti oleh negara dalam pencegahannya,” ungkap Al Haris. (Tim)

Bagikan
error: