Universitas Jambi Jadi Tuan Rumah KKN Kebangsaan dan KKN Bersama Tahun 2021

sekitarjambi.com – Mendalo Muaro Jambi, Senin 19 April 2021, rapat koordinasi pelaksanaan KKN Kebangsaan dan KKN Bersama Perguruan Tinggi Negeri tahun 2021 digelar. Pada tahun 2021 ini, Universitas Jambi dipercaya sebagai tuan rumah.

Dalam rapat koordinasi pelaksanaan KKN yang digelar pada Senin 19 April 2021, membahas persiapan pelaksanaan KKN Kebangsaan dan KKN Bersama, yang akan dilaksanakan pada 22 Juli hingga 27 Agustus 2021 mendatang. Rapat koordinasi dilaksanakan secara daring, dihadiri oleh Wakil Rektor Universitas Jambi Bidang Akademik, Wakil Rektor Universitas Jambi Bidang Perencanaan Kerja Sama dan Sistem Informasi, Direktur BELMAWA, para Rektor dan Ketua LPPM Perguruan Tinggi se-Indonesia dan Ketua LPPM Universitas Jambi.

Gelaran KKN ini akan berada di 59 desa di 2 kabupaten, yakni Kabupaten Muaro Jambi dan Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Ikut serta pada KKN Kebangsaan dan KKN Bersama, setiap perguruan tinggi mengutus maksimal 5 mahasiswa.

Rektor Universitas Jambi, Prof. Drs. H. Sutrisno, M.Sc., Ph.D. mengatakan, tujuan dari KKN Kebangsaan dan KKN Bersama, sesuai dengan tema membangkitkan nilai-nilai kebangsaan dan kebersamaan, melalui pemberdayaan masyarakat berbasis agroindustri.

“Dengan adanya KKN ini, desa-desa yang menjadi tempat KKN dapat merasakan manfaat, seperti tata kelola desa, penguatan kelembagaan desa, dan pengembangan ekonomi kreatif di desa, yang tentunya menjadi media promosi keunggulan desa masing-masing.” ujar Prof. Sutrisno.

KKN Kebangsaan merupakan program kementerian pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, dimana pada tahun 2021 ini diikuti oleh 82 perguruan tinggi. Sedangkan KKN Bersama digagas oleh Badan Kerja Sama Perguruan Tinggi Wilayah Barat, dan diikuti oleh 35 perguruan tinggi. Sebanyak kurang lebih 909 mahasiswa akan mengikuti kegiatan KKN ini. (Tim)

Bagikan
error: