Tradisi Unik Masyarakat Kerinci Sebelum Keberangkatan Jemaah Calon Haji

sekitarjambi.com – Pada musim haji, beberapa daerah melaksanakan ritual melepas keberangkatan Jemaah Calon Haji (JCH) dengan tradisi dan adatnya masing-masing. Di Provinsi Jambi tepatnya di Kabupaten Kerinci, juga memiliki tradisi unik untuk melepas keberangkatan JCH. Tradisi ini dinamakan Tale Haji Kerinci, dimana tradisi ini sudah dilakukan sejak ratusan tahun lalu.

Tale artinya adalah nyanyian rakyat atau bernyanyi bersama. Namun dalam musim haji, nyanyian yang dilantunkan bukan sembarang nyanyian, namun nyanyian berupa pujian, doa, serta nasehat agar JCH menjadi haji yang mabrur.

Tale Haji Kerinci dilantunkan dengan menggunakan bahasa daerah stempat. Prosesinya dilakukan dengan cara JCH berkeliling mengunjungi rumah sanak saudara untuk mendengarkan tale dari si tuan rumah. Tale Haji Kerinci mulai menggema sejak sebulan sebelum keberangkatan.

Sebagai wujud hubungan sosial, lantunan Tale Haji Kerinci dilakukan dengan dua cara, yakni duduk atau berdiri secara berhadapan. Prosesinya diakhiri dengan saling berangkulan dan tidak jarang meneteskan air mata sebagai wujud kesedihan karena akan ditinggalkan dan meninggalkan.

Informasi yang diperoleh tim sekitarjambi.com, untuk jadwal pemberangkatan JCH Embarkasi Haji Antara Provinsi Jambi tahun 1443 Hijriah/ 2022 Masehi, rombongan JCH asal Kabupaten Kerinci dengan sebanyak 121 jemaah diberangkatkan pada 25 Juni 2022, di kloter pertama dengan nama BTH 10. Rombongan JCH tersebut harus sudah masuk Asrama Haji Embarkasi Antara Jambi pada 24 Juni 2022. (Iz)

Bagikan