Teknik Mesin Politeknik Jambi Utamakan Kurikulum Berbasis KKNI

sekitarjambi.com – Kota Jambi, Program Studi Teknik Mesin Politeknik Jambi memiliki kurikulum yang link and match dengan kebutuhan industri. Kurikulum yang digunakan di Prodi Teknik Mesin sudah berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Kurikulum tersebut memiliki capaian pembelajaran sikap dan tata nilai, penguasaan pengetahuan, keterampilan umum, dan keterampilan khusus. Ada 3 profil lulusan Prodi Teknik Mesin yaitu teknisi ahli perawatan dan perbaikan mesin, penyelia bidang perawatan, dan perbaikan mesin dan perencana instalasi mesin.

Salah satu kompetensi yang dimiliki lulusan Politeknik Jambi yaitu mampu dan terampil dalam menggambar dan membaca gambar konstruksi yang sesuai dengan standard dan persyaratan industri. Dengan tahapan kompetensi meliputi menggambar manual, AutoCAD serta Program Fusion 360. Hasil AutoCad dan Fushion 360 diprint melalui printer 3 dimensi.

Kemampuan lain yang dimiliki lulusan Politeknik Jambi adalah mampu membuat benda kerja dengan menggunakan perkakas tangan, mengoperasikan dan membuat elemen-elemen mesin menggunakan mesin perkakas seperti bubut, milling, dan skrab. Keterampilan tambahan dalam menggunakan alat las baik las listrik maupun las acetylene juga dimiliki oleh Lulusan Politeknik Jambi. Selanjutnya, kompetensi pada bidang Pneumatik & Hidrolik mahasiswa terampil dalam menggambar dan merangkai penerapan komponen pneumatik dan hidrolik.

Dalam hal perawatan dan perbaikan dasar, lulusan Politeknik Jambi memiliki keterampilan dalam teknik perawatan dan perbaikan mesin-mesin perkakas serta memiliki kemampuan dalam memilih komponen pengganti serta penerapan konsep-konsep teknik refrigasi dan pengkondisian udara dalam bidang teknik mesin .

Kompetensi pada bidang perawatan dan perbaikan mesin lulusan Politeknik Jambi memiliki pengetahuan tentang cara teknik perawatan dan perbaikan mesin konversi energi dan utilitas pabrik seperti pompa, kompresor, mesin bensin, AC, blower dan mesin diesel.
Dalam aplikasi industri, pemeriksaan sifat fisik dan mekanik bagian, material yang digunakan dalam bidang teknik mesin yang meliputi alat uji tarik, alat uji impact, mikrometer, jangka sorong dimiliki lulusan Politeknik Jambi melalui praktikum pengujian bahan dan metorologi. Mahasiswa Politeknik Jambi juga diwajibkan untuk melakukan Praktik Kerja Lapangan selama 2 bulan di dunia industri maupun BUMN.

Segera bergabung dengan Politeknik Jambi. Pendaftaran mahasiswa baru berlangsung dari tanggal 1 Desember 2019 hingga 31 Agustus 2020. Silahkan kunjungi website Politeknik Jambi di pmb.politeknikjambi.ac.id, cp: Dinda 0812-8927-3485. (Wri)

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: