Jadi Ketua Forum TJSLP, PetroChina Ajak Perusahaan Lain Berkontribusi pada Pembangunan Kabupaten Tanjung Jabung Barat

sekitarjambi.com – Tanjung Jabung Barat, Bupati Tanjung Jabung Barat, Anwar Sadat bersilaturahmi dan melakukan rapat kerja Bupati dengan Forum Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan (TJSLP) di Rumah Dinas Bupati, Selasa (21/9/2021). Turut hadir dalam kegiatan ini yakni Kepala BAPPEDA Tanjung Jabung Barat, Firdaus Khatab, dan sejumlah perwakilan perusahaan ternama, seperti PetroChina International Jabung Ltd.

Manajemen PetroChina yang diwakili Comdev Supervisor, Yulian berharap, pandemi Covid-19 segera berakhir, sehingga semua pihak dapat melanjutkan pembangunan di wilayah Tanjung Jabung Barat.

“PetroChina sangat mendukung Forum TJSLP, karena sesuai dengan pedoman tanggung jawab sosial perusahaan industri SKK Migas. Program-program CSR harus sinergi dengan Pemda. Dalam hal ini, prioritas kita adalah yang berada di ring satu perusahaan. Meski demikian, PetroChina pernah mengadakan program CSR di luar ring satu seperti di seberang kota berupa pembangunan PUSTU. PetroChina selaku ketua forum TJSLP mengajak kawan-kawan perusahaan juga bisa berkontribusi di luar ring satu perusahaan,” ujarnya.

Bupati Tanjung Jabung Barat, Anwar Sadat menyampaikan, dilihat dari realisasi tahun 2020, ada penurunan dalam CSR perusahaan. Berdasarkan peraturan daerah, perusahaan harus menyelaraskan dengan program pemerintah agar dapat diukur pertanggungjawaban sosial yang dilakukan perusahaan. Dirinya berharap, melalui forum ini dapat bersinergi dan menyelaraskan program perusahaan dengan pemerintah.

“Membuka ruang untuk penguatan-penguatan perusahaan, karenanya dituntut kejujuran menyampaikan seberapa besar keuntungan, realisasi dan bersikap fair dalam mewujudkan tanggung jawab perusahaan. Sehingga perusahaan nyaman dalam berproduksi di Tanjung Jabung Barat,” uajr Anwar Sadat.

“Kami ingin ada komunikasi yang baik dengan perusahaan, sehingga jika ada permasalahan bisa dicari solusi bersama. Ada rasa kebersamaan dengan pemerintah, menghilangkan sekat-sekat yang ada,” tambahnya.

Bupati Anwar Sadat juga berharap, perusahaan dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas program TJSLP agar memberi dampak signifikan terhadap kesejahteraan masyarakat sekitar perusahaan, dan program yang dijalankan dapat sinkron dan terintegrasi dengan program yang direncanakan pemerintah kabupaten.

“Saya berharap, kalangan dunia usaha dapat menjadikan program CSR sebagai salah satu bentuk investasi bagi perusahaan demi pertumbuhan dan keberlanjutan perusahaan dan bukan menganggapnya sebagai komponen biaya semata, melainkan sarana meraih keuntungan. Jadikan CSR sebagai komitmen perusahaan untuk mendukung terciptanya pembangunan yang berkelanjutan,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala BAPPEDA Tanjung Jabung Barat, Firdaus Khatab mengatakan, anggota Forum TJSLP Tanjung Jabung Barat berjumlah 57 perusahaan yang bergerak di berbagai bidang mulai dari SDA, perkebunan, hasil kelapa, hasil pinang, perbankan, dan BUMN yang harus menyelenggarakan tanggung jawab sosial.

“Realisasi hingga Agustus 2021 adalah Rp 8,6 miliar pada bidang ekonomi, pendidikan, kesehatan, infrastruktur, sosial budaya dan lingkungan,” ujarnya. (Ut)

Bagikan
error: