Waspada, Rumah Tepian Sungai Batanghari Terancam Longsor

sekitarjambi.com – Muaro Jambi, Puluhan rumah warga di RT 2 dan RT 4 Desa Pulau Kayu Aro Kecamatan Sekernan terancam longsor. Pemilik rumah yang berdiri berdekatan dengan tebing Sungai Batanghari, kini diselimuti kecemasan. Sebab posisi rumah hanya berada 3 meter dari bibir sungai.

Basir salah seorang warga mengaku berjaga-jaga, jika sewaktu-waktu longsor kembali terjadi. “Selama musim penghujan tahun 2019 ini saja, sudah dua kali longsor terjadi dan longsor terakhir kali terjadi pada minggu lalu, yang membuat tanah retak dan mengarah ke rumah warga,” tutur Basir.

Sementara Kepala Desa Kayu Aro Hikmah mengatakan, Pemerintah Desa tidak tinggal diam atas kecemasan warga. Pemerintah Desa telah melakukan berbagai langkah, salah satunya mengimbau agar warga yang bermukim dekat dengan tebing, untuk lebih berhati-hati. Selain itu warga diimbau pula agar pindah sementara ke tempat yang lebih aman.

Hikmah memaparkan, akibat tanah amblas tersebut, puluhan rumah dan satu bangunan sekolah terancam longsor. “Sebelumnya sudah dibangun turap sebagai penyangga tebing untuk menjaga kelabilan tanah dari longsor. Tapi diduga akibat kualitasnya yang rendah, bangunan turap kini terkesan mubazir dan tidak berfungsi maksimal,” pungkasnya.(Nf)

Bagikan

One thought on “Waspada, Rumah Tepian Sungai Batanghari Terancam Longsor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: