Simak! Ini One Stop Service Kesehatan JCH Provinsi Jambi

sekitarjambi.com – Kota Jambi, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Provinsi melakukan one stop service kesehatan Jemaah Calon Haji (JCH) yang sudah tiba di Asrama Haji Embarkasi Antara Jambi, Jumat (24/6/2022).

Pantauan tim sekitarjambi.com, setelah acara serah terima JCH dari PPIH daerah asal kabupaten/kota kepada PPIH Provinsi Jambi, one stop service kesehatan yang dilakukan oleh tim medis PPIH Provinsi Jambi melalui Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas III Jambi diantaranya yakni tes urine, pengecekan tensi darah, pengecekan dokumen PCR, pembagian tas paket obat jemaah, dan pemeriksaan makanan yang dibawa oleh JCH yang dibawah ke asrama haji. Selain itu, tim medis juga disiagakan 24 jam di klinik asrama haji.

“Kami menyiapkan 70 petugas medis yang bertugas 24 jam di asrama haji. Masalah kesehatan jemaah akan kami layani dengan baik,” tegas Rima Octavia selaku perwakilan tim medis KKP Kelas III Jambi.

Rima Octavia memaparkan, isi tas paket obat jemaah hanya diperuntukkan ketika JCH berada di tanah suci. Pihaknya telah menyiapkan paket obat jemaah sesuai petunjuk teknis PPIH Arab Saudi.

“Isi tas paket obat jemaah itu diantaranya botol yang kegunaannya diisi air zam-zam atau air masak untuk diminum dan dapat disiramkan ke bagian tubuh yang terkena luka selama melakukan ibadah haji, kemudian masker medis, salep serbaguna yang dapat meredakan nyeri pegal hingga luka. Lalu ada plester luka, wadah kencing darurat, dan oralit untuk menjaga supaya JCH tidak dehidrasi,” ungkapnya.

Lebih lanjut, salah seorang dokter pendamping rombongan JCH KLOTER BTH 10 mengatakan, meski tim medis siaga untuk memberikan pelayanan, JCH harus tetap menjaga kondisi kesehatannya selama di asrama dan tanah suci.

“Mengingatkan kembali untuk jemaah, ibadah sunah dibatasi sesuai dengan kemampuan kita, dan lakukan peregangan saat melakukan perjalanan jarak jauh dengan jalan kaki. Dan terlebih untuk jemaah yang memiliki penyakit kronis, agar minum obat secara teratur, jaga pola makan, banyak minum air putih, dan terapkan protokol kesehatan Covid-19 dengan disiplin, ” ujar dr. Ahmad Saifullah. (Iz)

Bagikan
error: