Mahasiswa/i Pertukaran Merdeka 2022 Universitas Jambi Lakukan Kegiatan Kontribusi Sosial di Wisata Danau Sipin

sekitarjambi.com – Mahasiswa/i Pertukaran Merdeka 2022 modul nusantara kelompok 3 Universitas Jambi (UNJA), menggelar kegiatan kontribusi sosial bertempat di Rest Area Wisata Danau Sipin Kota Jambi, Minggu (18/12/2022) pagi.

Kontribusi sosial ini merupakan kegiatan akhir dari Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2022 yang dilakukan oleh Mahasiswa Pertukaran Merdeka, bertujuan untuk memberikan kontribusi langsung kepada masyarakat sekitar yang memerlukan bantuan. Dalam hal ini, Mahasiswa/i Pertukaran Merdeka UNJA menyerahkan bantuan berupa alat dan perlengkapan kebersihan, kepada pengurus sekaligus warga di sekitar wilayah Danau Sipin.

Hadir dalam penyerahan bantuan perlengkapan kebersihan tersebut, yakni Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Jambi, Ir. Teja Kaswari, M.Si., BABINSA, BABINKABTIBMAS, Ketua RT 07 , Ketua RT 05, Ketua RT 23, sejumlah warga Kecamatan Danau Sipin Kota Jambi, serta 20 Mahasiswa Pertukaran Merdeka 2022 UNJA.

Salah seorang mahasiswi Program Pertukaran Merdeka 2022 UNJA asal Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, Ratnasari, menjelaskan bahwa Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka diisi dengan kegiatan proses belajar di kampus saat weekday, kemudian saat weekend diisi dengan kegiatan di luar kampus seperti kegiatan pengenalan budaya dan yang terakhir kali ini yakni kegiatan kontribusi sosial.

“Untuk program hari ini kita melakukan kegiatan kontribusi sosial, dimana kontribusi sosial merupakan bagian dari modul nusantara. Jadi untuk kegiatannya kita laksanakan bersama-sama masyarakat. Pelaksanaannya kali ini bersih-bersih di sekitaran Danau Sipin, kemudian menyerahkan bantuan perlengkapan kebersihan,” ujarnya.

“Saya sangat senang bisa diterima dalam Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka di Universitas Jambi. Menurut saya Universitas Jambi merupakan salah satu universitas negeri terbaik yang berada di Jambi. Nantinya semoga semakin banyak mahasiswa pertukaran dari Pulau Jawa yang memilih Universitas Jambi.” tambahnya.

Sementara itu, Muhammad Anggoro, yang merupakan mahasiswa Program Pertukaran Merdeka dari Universitas Sains Al-Quran Wonosobo, merasa bangga karena mendapatkan kesempatan untuk berkunjung ke Provinsi Jambi dan meraih banyak pengetahuan baru dalam hal sosial maupun budaya.

“Jadi kegiatan kontribusi sosial ini merupakan tugas akhir kami sebagai mahasiswa Program Pertukaran Merdeka. Sebelumnya lebih ke kegiatan kunjungan-kunjungan tempat menarik, bersejarah, dan yang lainnya tentang Jambi untuk mengenal budaya Jambi dan sebagainya. Nggak kebayang bisa datang ke Jambi tahu budaya sama sejarahnya, keren-keren ternyata. Semoga untuk BEM UNJA ke depannya bisa lebih aktif lagi,” ujarnya.

Kegiatan kontribusi sosial dimulai dengan pembukaan singkat oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Jambi, Ir. Teja Kaswari, M.Si., dilanjutkan dengan penyerahan bantuan alat dan perlengkapan kebersihan seperti tempat sampah, gerobak sorong, sapu, garu, dan lain sebagainya, kepada kepada para Ketua RT di wilayah Danau Sipin. Dalam hal ini yakni Ketua RT 05, Ketua RT 07, dan Ketua RT 23. Kegiatan dilanjutkan dengan gotong-royong membersihkan lingkungan Danau Sipin seperti membersihkan saluran air yang tersumbat karena sampah, hingga pembersihan tanaman eceng gondok.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Jambi, Ir. Teja Kaswari, M.Si., mengatakan bahwa target kontribusi sosial yang dilakukan di Danau Sipin bagi mahasiswa Program Pertukaran Merdeka yakni bagian dari upaya untuk pelestarian lingkungan.

“Mahasiswa Pertukaran Merdeka ini berasal dari beberapa perguruan tinggi di Indonesia dan kebetulan ditempatkan di UNJA selama lebih kurang 5 bulan. Tujuannya selain lebih mengembangkan ilmu pendidikan, juga agar lebih mengenalkan budaya-budaya Jambi secara keseluruhan. Dan hari ini adalah puncak dari kegiatan Pertukaran Mahasiswa Merdeka, mereka memilih tempat Wisata Danau sipin sebagai target untuk kontribusi sosial. Salah satunya dengan memberikan peralatan kebersihan agar warga di lingkungan Wisata Danau Sipin dapat menjaga kelestarian lingkungan,” tuturnya.

Ketua RT 05 yang berada di kawasan Danau Sipin Kota Jambi, Ardiansyah, mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi kegiatan mahasiswa Pertukaran Merdeka. Berharap para mahasiswa nantinya ketika sudah kembali ke daerah asalnya, agar turut mengenalkan dan mempromosikan Wisata Danau Sipin yang ada di Kota Jambi.

“Kami mewakili masyarakat sangat mendukung dan sangat mengapresiasi kegiatan dari para mahasiswa yang pada saat ini Alhamdulillah turun di wilayah Wisata Danau Sipin. Yang mana, Wisata Danau Sipin ada wilayah wisata yang baru dan menjadi ikon Kota Jambi. Saat ini memang dalam proses pembangunan dan pengembangan, nah tentunya dalam hal ini kami sangat berharap para mahasiswa membantu untuk mempromosikan wisata minimal setingkat nasional. Harapan kami juga karena dalam pariwisata, kebersihan ada paling utama, setelah itu baru kita nanti bisa menciptakan keamanan dan kenyamanannya,” ungkapnya. (Iz)

www.unja.ac.id

Bagikan
error: