Debit Sungai Batanghari Meningkat, Kota Jambi Terancam Banjir

sekitarjambi.com – Debit Sungai Batanghari mencapai 14.65 meter, naik dari sepekan sebelumnya yang mencatatkan 14.39 meter.

Penjaga Pintu Air Kawasan Ancol, Kota Jambi, Syahruddin, menyebutkan bahwa kenaikan debit sungai disebabkan oleh intensitas hujan yang tinggi di hulu sungai Batanghari, pada Kamis (14/3/2024) sore.

“Dengan daerah hulu masih banjir dan Sumatera Barat juga masih banjir, kemungkinan kita di Kota Jambi ini akan naik lagi,” ujarnya.

Di sisi lain, Kawasan Legok, Kecamatan Danau Sipin, masih terdampak banjir akibat ketinggian debit sungai saat ini. Sekitar 2.000 rumah di Kelurahan Legok kembali tergenang banjir setelah sebelumnya sempat surut.

Lurah Legok, Rahmansyah, mengakui bahwa meluapnya Sungai Batanghari disebabkan oleh tingginya intensitas hujan di wilayah hulu, yang menyebabkan debit Sungai Batanghari di Kota Jambi meningkat.

“Walaupun banjir hanya merendam pekarangan rumah warga, belum sampai masuk ke dalam rumah,” ujarnya.

Beberapa akses jalan utama di kawasan tersebut mulai terendam, mengganggu aktivitas masyarakat setempat.

Rahmansyah menambahkan, bahwa pihaknya telah menyiapkan posko terpadu penanganan banjir di Kelurahan Legok, sebagai langkah antisipatif untuk menghadapi potensi kejadian yang tidak diinginkan. (AD)

Bagikan