Ratusan Hektar Kebun Karet Terendam Banjir, Perekonomian Warga Lumpuh

sekitarjambi.com – Bungo, Musibah banjir melanda sejumlah kecamatan yang ada di Kabupaten Bungo. Selain merendam puluhan rumah warga, kini banjir juga merendam ratusan hektar kebun karet milik masyarakat. Akibatnya masyarakat tidak bisa bekerja menyadap karet. Bahkan karet yang telah disadap warga sebelum banjir, juga turut hanyut dibawa arus banjir. Kondisi ini membuat perekonomian warga terpuruk dan lumpuh.

Diketahui sebelumnya, Kepala BPBD Kabupaten Bungo, Tobroni Yusuf mengatakan, ada ratusan hektar lahan karet yang ikut terendam banjir. Semuanya tersebar di empat Kecamatan, yakni Kecamatan Bathin III Ulu, Kecamatan Rantau Pandan, Kecamatan Muko-Muko Bathin VII, dan Kecamatan Pasar Muara Bungo. Warga berharap Pemerintah tanggap terhadap kondisi ini, sehingga ekonomi masyarakat tidak terguncang. Mengingat ekonomi masyarakat bungo rata-rata dari hasil karet.

Tabri mengatakan kepada sekitarjambi.com, banjir ini sudah terjadi sejak 1 pekan yang lalu dan menenggelamkan 0,5 hektar lahanya. “Dak biso motong, hasil kemarin bae sudah hanyut,” jelasnya.(Ilhm)

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: