Peserta Canting Emas PetroChina Antusias Ikuti Rangkaian Pelatihan

sekitarjambi.com – Tanjung Jabung Barat, Peserta pelatihan “Canting Emas” Ciptakan Batik, Tingkatkan Ekonomi Masyarakat kepada Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat dari PetroChina, tampak antusias dalam mengikuti berbagai rangkaian pelatihan selama 5 hari di bulan Oktober, dan pendampingan sebulan di November 2021.

Misalnya saja, pada hari kedua pelatihan, para peserta penuh semangat mencetak dan mewarnai batik motif lokal Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Salah seorang peserta yang mengikuti pelatihan di bulan November 2021, Fitri Titi, merasa bangga memiliki batik hasil karya sendiri.

“Semoga terus berkembang dan bermanfaat untuk orang banyak. Semangat terus untuk kelompok batik Desa Serdang Jaya, dan terima kasih kepada PetroChina International Jabung Ltd. dan Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tanjung Jabung Barat yang telah bekerja sama memberikan pelatihan batik untuk masyarakat,” ujarnya.

Setelah pelatihan dibuka oleh Bupati Anwar Sadat pada 21 Oktober 2021, pada 26 Oktober 2021, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Diandra Putra menutup Pelatihan Membatik Program Canting Emas, di tiga desa. Setelah pelatihan selesai, selanjutnya para peserta mendapatkan program pendampingan selama sebulan, pada November 2021.

“Semoga dengan meningkatnya keterampilan para angkatan kerja, dapat tumbuh wirausaha baru, sehingga tercipta lapangan kerja seluas-luasnya. Proses pendampingan kepada peserta pelatihan sebagai tindak lanjut pelatihan membatik program Canting Emas ini merupakan kerja sama Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tanjung Jabung Barat dengan PetroChina International Jabung Ltd. di Desa Serdang Jaya Kecamatan Betara. Jadi, setelah dilatih selama lima hari, para peserta tetap dipantau dan didampingi selama satu bulan agar kualitas batik yang dihasilkan semakin baik,” ujarnya.

PetroChina International Jabung Ltd., sendiri memberikan respon kepada Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat melalui Bupati Anwar Sadat, dalam mengembangkan batik motif lokal. Respon positif tersebut ditandai penyerahan bantuan Program Pengembangan Masyarakat (PPM) dari PetroChina International Jabung Ltd., bertajuk “Canting Emas.”

Community Development Supervisor PetroChina International Jabung Ltd., Yulian menuturkan, Program Pengembangan Masyarakat berupa pelatihan membatik tersebut merupakan tindak lanjut dari keinginan Bupati Anwar Sadat yang ingin mengembangkan Batik, sesuai motif lokal yang ada di Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

“PetroChina merespon keinginan dari Bupati untuk mengembangkan batik sesuai motif lokal di Tanjung Jabung Barat,” sebutnya.

PetroChina dalam kesempatan ini sebut Yulian, memberikan dukungan berupa pelatihan, pendampingan dan peralatan membatik kepada Kelompok Masyarakat yang ada di tiga desa, yakni Desa Sungai Gebar Kecamatan Kuala Betara, Desa Serdang Jaya Kecamatan Betara, dan Desa Tungkal I Kecamatan Tungkal Ilir.

“Dukungan lainnya, yakni dengan mendatangkan pelatih dari balai batik yang ada di Yogyakarta dan Kota Jambi,” jelasnya.

Program pengembangan batik kerja sama PetroChina International Jabung Ltd. dengan Dinas Tenaga Kerja Tanjung Jabung Barat ini bertajuk CANTING EMAS (Cipta Batik Tingkatkan Ekonomi Masyarakat), dengan beberapa kegiatan yaitu Pelatihan Mambatik Cap Tingkat Dasar (2 kelas), Pelatihan Membatik Cap Tingkat Lanjutan (1 kelas), pemberian bantuan peralatan membatik bagi 4 kelompok pengrajin yaitu pengrajin batik Desa Sungai Gebar, Desa Tungkal I, Desa Serdang Jaya dan kelompok pengrajin batik difable dari Specialpreneur (Yayasan Permata Special Insani) Kuala Tungkal, dan juga kegiatan pendampingan setelah kegiatan pelatihan selesai, untuk masing-masing kelompok sebanyak 3 kali kegiatan.

Program ini diikuti oleh 35 orang penerima manfaat yang terdiri dari warga tiga desa masing-masing 10 orang yakni Desa Sungai Gebar, Desa Serdang Jaya, dan Desa Tungkal I, 4 orang penerima manfaat kelompok difable, dan 1 orang penerima manfaat dari Kelompok Sadar Wisata Ekowisata Sukorejo, yang juga merupakan binaan PetroChina. (Ut)

Bagikan
error: