PetroChina International Jabung Ltd. Dukung Sekolah Aman Bencana

sekitarjambi.com – Tanjung Jabung Barat, PetroChina International Jabung Ltd. mendukung Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanjung Jabung Barat, dalam kegiatan Sekolah Aman Bencana. Program ini merupakan prioritas untuk mewujudkan sekolah dan madrasah aman bencana, salah satunya di wilayah Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Provinsi Jambi, pada Jumat (5/11/2021).

Program penanggulangan bencana di Kabupaten Tanjung Jabung Barat ini melibatkan anak-anak TK Ikatan Guru Indonesia (IGI). Mereka terlihat sangat antusias dalam mengikuti rangkaian kegiatan dan permainan.

Manajer Komunikasi PetroChina, Ginandjar menyampaikan, penanggulangan bencana adalah salah satu program penting yang didukung PetroChina Jabung.

“Pengetahuan kebencanaan yang dimulai sejak dini akan membuat kita lebih siap menghadapi berbagai kondisi alam di masa depan, termasuk yang terkait dengan perubahan iklim,” ujarnya.

“PetroChina terus mengupayakan tata kelola migas yang bertanggung jawab dan berkelanjutan. Sebagai operator Blok Jabung, kami juga punya peran dalam perlindungan lingkungan dan penanggulangan bencana,” Ginandjar menambahkan.

Menurut Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Drs Zulfikri, M.Ap. kegiatan ini berdampak positif untuk upaya membangun ketangguhan dan kesiapsiagaan anak dalam menghadapi bencana.

“Edukasi kebencanaan bagi anak-anak perlu diberikan, agar mereka secara dini juga dapat menyerap pengetahuan jenis bencana dan bagaimana penanggulangannya secara dini yang diberikan dalam bentuk penerimaan pengetahuan dan keterampilan penanggulangan bencana serta games kebencanaan,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua IGI Provinsi Jambi, Siti Aisyah yang terlibat langsung dalam kegiatan ini mengungkapkan rasa bangga dan terima kasih kepada Tim BPBD yang telah hadir langsung memberikan sosialisasi tentang kebencanaan dan simulasi game kebencanaan untuk siswa TK.

“Kita yakin dengan diterimanya pengetahuan dan keterampilan kebencanaan terhadap murid TK, mereka akan menceritakan kembali kepada orangtua, kakak, dan adiknya di rumah,” ujarnya.

Kegiatan ini merupakan bagian dari kerja sama PetroChina International Jabung Ltd. dengan BPBD Kabupaten Tanjung Jabung Barat dalam program kebencanaan. Selain menyiapkan TK IGI menjadi Sekolah Aman Bencana, kegiatan yang sama rencananya akan diberikan kepada SMK Pematang Lumut – Betara pada 11 November 2021. Kegiatan lain dalam kerangka kerja sama ini adalah penyiapan Desa Pematang Lumut sebagai Desa Tangguh Bencana (DESTANA), pengembangan unit usaha sebagai penguatan ekonomi dan operasional dari Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) Destana Pematang Lumut, serta pengadaan peralatan pendukung operasional Pos Komando Gabungan KARHUTLA Tanjung Jabung Barat seperti mesin pompa jinjing dan peralatan komunikasi dan lainnya. (Ut)

Bagikan
error: