Perpustakaan Desa Terjun Gajah Binaan PetroChina Raih Juara I Tingkat Provinsi Jambi

sekitarjambi.com – Tanjung Jabung Barat, Perpustakaan Gajah Bina Mandiri yang berada di Desa Terjun Gajah, Kecamatan Betara, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, meraih juara pertama dalam ajang lomba perpustakaan umum desa/kelurahan tingkat Provinsi Jambi, dan turut mewakili Provinsi Jambi di ajang yang sama pada tingkat nasional. Lomba ini merupakan bagian dari rangkaian acara yang dilaksanakan oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Jambi, dalam rangka bulan gemar membaca dan ajang perlombaan di tingkat nasional.

Pengumuman pemenang lomba perpustakaan umum desa/kelurahan tingkat Provinsi Jambi tertuang dalam keputusan Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Jambi No. 041/219/DPAD-1.1/VII/2020, yang ditetapkan di Jambi pada 6 Juli 2020.

Terpilih sebagai perpustakaan desa terbaik, tentu menjadi kebanggaan bagi masyarakat Desa Terjun Gajah, dan berbagai pihak yang turut mendukung dalam pengembangan Perpustakaan Gajah Bina Mandiri. Sejak tahun 2019, Perpustakaan Gajah Bina Mandiri telah menjalin kerja sama dengan Petrochina International Jabung Ltd. dalam mengembangkan perpustakaan desa tersebut.

Masuk dalam wilayah terdekat operasional, Petrochina membantu penyediaan sarana dan prasarana yang dibutuhkan Perpustakaan Gajah Bina Mandiri. Seperti buku cerita rakyat, cerpen dan jenis buku bacaan anak lainnya. Selain itu, disediakan pula alat bermain untuk anak-anak, dan saat ini tengah disiapkan motor keliling yang akan digunakan pada awal Oktober 2020, sebagai salah satu transportasi perpustakaan keliling yang akan dilakukan oleh pihak Perpustakaan Gajah Bina Mandiri. Perpustakaan keliling diharap memberi kemudahan agar masyarakat tetap dapat mengakses buku-buku bacaan, meski di kala pandemi Covid-19 saat ini.

Wulandari, selaku pengelola Perpustakaan Gajah Bina Mandiri sangat bangga dan berterima kasih kepada masyarakat dan berbagai pihak tidak terkecuali PetroChina, yang telah ikut membantu dalam pengembangan perpustakaan tersebut.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada pihak yang telah berpartisipasi dalam membantu dan mengembangkan kegiatan Perpustakaan Gajah Bina Mandiri, terutama pihak PetroChina,” ungkapnya.

Menjadi perpustakaan desa terbaik tingkat Provinsi Jambi pada tahun 2020, hingga kini pihak Pemerintah Desa Terjun Gajah bersama pengelola Perpustakaan Gajah Bina Mandiri, terus menggiatkan keberadaan perpustakaan sebagai media untuk mengenalkan dan mendekatkan perpustakaan kepada masyarakat. Dengan harapan perpustakaan desa sesungguhnya dapat dimanfaatkan oleh siapa saja.

Dikatakan pula oleh Anto Hasibuan selaku Kepada Desa Terjun Gajah, yang turut menghadiri acara penyerahan hadiah lomba perpustakaan dan kepustakawanan tingkat Provinsi Jambi tahun 2020 di Grand Hotel pada 17 September 2020 menuturkan, Perpustakaan Desa Gajah Bina Mandiri telah melakukan berbagai program kerja yang membantu anak-anak dan masyarakat setempat, dalam mengembangkan kegiatan literasi untuk kemajuan Desa Terjun Gajah.

Pada kesempatan ini Anto turut menyampaikan syukur atas prestasi dari Perpustakaan Desa Terjun Gajah yang telah meraih juara pertama dalam lomba perpustakaan umum desa/kelurahan tingkat Provinsi Jambi tahun 2020.

“Tentu kami senang sekali dan bersyukur mendapat juara 1. Mudah-mudahan anggota perpustakaan makin semangat, terutama saat pandemi Covid-19 ini yang akan mengadakan perpustakaan keliling bantuan dari PetroChina” tuturnya.

Diketahui, pada ajang lomba perpustakaan umum desa/kelurahan tingkat Provinsi Jambi, terdapat 6 pemenang, yakni:

Peringkat I : Perpustakaan Gajah Bina, Desa Terjun Gajah, Kecamatan Betara, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, dengan raihan nilai 616
Peringkat II : Perpustakaan Insan Cita, Desa Keluru, Kecamatan Keliling Danau, Kabupaten Kerinci, dengan raihan nilai 501,5
Peringkat III : Perpustakaan Desa Muaro Singoan, Kecamatan Muara Bulian, Kabupaten Batanghari, dengan raihan nilai 392
Peringkat IV : Perpustakaan Dusun Lubuk Nyiur, Kecamatan Tanah Tumbuh, Kabupaten Bungo, dengan raihan nilai 314
Peringkat V : Perpustakaan Desa Wanareja, Kecamatan Rimbo Ulu, Kabupaten Tebo, dengan raihan nilai 267,5
Peringkat VI : Perpustakaan Cahaya Umum, Desa Sidoharjo, Kecamatan Tabir Lintas, Kabupaten Merangin, dengan raihan nilai 226.

Berbagai jenis perlombaan digelar oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip daerah Provinsi Jambi yang rutin dilakukan setiap setahun sekali, dalam rangka bulan gemar membaca nasional. Yakni lomba perpustakaan umum desa/kelurahan, perpustakaan sekolah/madrasah tingkat SLTA (SMA, MA, SMK), pemilihan pustakawan berprestasi terbaik, dan lomba bercerita bagi siswa SD/MI tingkat Provinsi Jambi. (Nv/M)

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: