Hasbi Gandeng LPDP Sosialisasikan Beasiswa Dosen dan Mahasiswa di Universitas Jambi

sekitarjambi.com – Anggota Komisi XI DPR RI Dapil Jambi Fraksi Partai NasDem, Hasbi Ansori menggelar kegiatan reses di ruang Senat lantai 3, Universitas Jambi (UNJA) Mendalo, pada Selasa (10/3/2020). Kedatangan Hasbi guna memberikan sosialisasi tentang Program Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) kepada para civitas akademika UNJA. Selain itu, agenda ini turut dihadiri Wakil Rektor UNJA, Prof. Muthalib dan pihak LPDP.

Dalam pemaparannya, Plt. Direktur LPDP, M. Sofwan Effendi mengatakan, berdasarkan data per Januari 2020, sebanyak 24.926 orang penerima beasiswa LPDP dan 9.911 orang mahasiswa on going. Penerima ini didominasi oleh pendidikan dalam negeri sebesar 13.677 orang atau 54,9 persen. Sedangkan untuk luar negeri berada di angka 11.249 orang atau 45,1 persen.

“LPDP ini bertujuan untuk mendukung ketersediaan sumber daya manusia Indonesia yang berpendidikan dan berkualitas, mempunyai jiwa kepemimpinan dan memberikan efek yang baik terhadap masyarakat luas dan bangsa di masa depan. Untuk sebaran penerima beasiswa, Provinsi Jambi kedapatan 198 orang atau sekitar 0,8 persen,” ujarnya.

Selain beasiswa untuk mahasiswa, dosen juga memiliki program beasiswa sendiri dari Pemerintah Indonesia. Program ini dinamakan Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia (BUDI).

“BUDI hanya diperuntukkan pada program doktoral baik dalam maupun luar negeri.  Daftar perguruan tingginya pun harus sesuai dengan yang ditetapkan oleh LPDP. Ada empat kriteria di BUDI, yakni kemampuan akademik, rekam jejak akademik dan perguruan tinggi tujuan, personalitas, serta implementasi nilai-nilai nasional,” tambahnya.

Anggota Komisi XI DPR RI, Hasbi Ansori berharap, dengan adanya pertemuan ini mampu dimanfaatkan oleh semua pihak dalam mencari tahu secara mendalam tentang beasiswa LPDP.

“Saya sengaja membawa pihak LPDP kesini karena LPDP ini merupakan salah mitra kerja dari Komisi XI DPR RI. Saya juga berharap LPDP ini dapat dimanfaatkan maksimal dengan pemerataan kesempatan untuk mendapatkan pendidikan,” ujarnya kepada sekitarjambi.com.

Plh. Wakil Rektor I UNJA, Prof. Muthalib mengucapkan terima kasih kepada pihak LPDP dan Hasbi Ansori yang berkesempatan hadir untuk memberikan sosialisasi terkait beasiswa LPDP.

“Kedatangan pihak LPDP ini sangat membuka jalan kami untuk mengetahui lanjut tentang LPDP. Saya berterima kasih kepada Pak Hasbi dan LPDP. Kami berharap di masa yang akan datang, untuk S3 UNJA bisa menjadi tujuan beasiswa LPDP,” pungkasnya.(Fa)

Bagikan

72 thoughts on “Hasbi Gandeng LPDP Sosialisasikan Beasiswa Dosen dan Mahasiswa di Universitas Jambi

Tinggalkan Balasan

error: