Mahasiswa Teknik Elektronika Politeknik Jambi Mampu Menyusun Program PLC

sekitarJambi.com – Kota Jambi, Program studi teknik elektronika Politeknik Jambi memiliki kurikulum yang link and match, dengan kebutuhan industri. Kurikulum yang digunakan pada prodi teknik elektronika, sudah berbasis kerangka kualifikasi nasional indonesia. Kurikulum tersebut memiliki capaian pembelajaran sikap dan tata nilai, penguasaan pengetahuan, keterampilan umum dan keterampilan khusus.

Salah satu kompetensi yang dimiliki lulusan teknik elektronika Politeknik Jambi, yakni mampu memahami prinsip-prinsip dasar dan konsep elektronika, meliputi karakteristik komponen-komponen elektronika, memahami jenis-jenis rangkaian dasar dan lanjutan elektronika, mampu melakukan analisa pada rangkaian, sehingga dapat merekayasa rangkaian elekronika sesuai dengan kebutuhan. Kompetensi ini didukung dengan kemampuan mahasiswa, dalam menggunakan berbagai macam alat ukur seperti oscilloscope, avo meter (ampere, volt, ohm), dan multimeter (induktansi, kapasitansi, konduktifitas) untuk kebutuhan pengukuran maupun kalibrasi instrumen elektronik.

Selain kemampuan dasar tersebut, lulusan teknik elektronika Politeknik Jambi juga memiliki kompetensi dalam membangun sistem kendali terpadu (embedded system), berbasis microcontroller seperti atmel microcontroller, arduino dan raspberry modul, dengan kemampuan-kemampuan tambahan seperti melakukan interfacing berbagai jenis sensor atau transducer, modul actuator seperti motor DC, AC, servo, stepper, pneumatic, solenoid, modul display, modul komunikasi wireless, dan iot sebagaimana yang diterapkan pada sistem robotik. Termasuk didalamnya yakni kemampuan dalam menyusun rangkaian skematik dan pcb layout menggunakan software proteus, dan melakukan pencetakan rangkaian dan assembling, atau soldering komponen-komponen elektronik.

Untuk mendukung skill lulusan guna penerapannya pada dunia industri, implementasi kontrol lebih lanjut turut dipelajari. Untuk mendukung kompetensi ini, mahasiswa diberi pengalaman dan kemampuan dalam menyusun program PLC, dengan menggunakan aplikasi seperti zelio smart relay maupun cx-programmer. Dengan aplikasi ini mahasiswa dituntun untuk cakap dalam membuat algoritma yang efektif, dalam menyelesaikan suatu permasalahan control industri, hingga dengan kemampuan untuk mendesain human machine interface sebuah mini plant dengan cx-designer. Mahasiswa Politeknik Jambi juga diwajibkan untuk melakukan praktik kerja lapangan selama 2 hingga 6 bulan di dunia industri maupun BUMN.

Bagi Anda yang berminat untuk berkuliah di Politeknik Jambi, Politeknik Jambi membuka program studi baru yaitu teknologi rekayasa perangkat lunak dengan tingkatan sarjana terapan (S1). Bagi Anda yang mendaftar pada program studi baru akan mendapatkan gratis uang pendaftaran dan uang pembangunan serta diskon spp 500.000 rupiah hingga tamat.

Pendaftaran mahasiswa baru berlangsung hingga 31 Agustus 2020. Silahkan kunjungi website politeknik Jambi di pmb.politeknikJambi.ac.id dengan contact person Dinda 0812-8927-3485.(Wri)

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: