KPK Tahan Tiga Anggota DPRD Jambi dan Kontraktor

Jakarta_Empat dari 13 tersangka dana ketok palu APBD Jambi Tahun 2018 diperiksa dan ditetapkan tersangka oleh KPK di Jakarta.  Empat tersangka tersebut ditahan selama 20 hari pertama.  Dua tersangka merupakan anggota DPRD Provinsi Jambi, Effendi Hatta dan Zainal Abidin.  Satu tersangka adalah Muhammadiyah yang merupakan mantan anggota DPRD Provinsi Jambi, serta tersangka lainnya yang ditahan yakni seorang Kontraktor bernama Joe Fandi alias Asiang.

“Keempat tersangka diperiksa dalam kapasitas sebagai tersangka dalam kasus suap APBD Jambi dan gratifikasi Mantan Gubernur Jambi Zumi Zola, dan dilakukan penahanan pada rutan berbeda pada Kamis (18/7/2019)” ujar Kepala Biro Humas KPK, Febri Diansyah. 

Tersangka Muhammadiyah merupakan mantan anggota DPRD Provinsi Jambi yang pada masa jabatannya sebagai pimpinan Fraksi Gerindra, dan Asiang yang merupakan pihak swasta, kini mendekam di rutan K4 belakang gedung KPK Merah Putih. Sementara Effendi Hatta dan Zainal Abidin ditahan di Rutan Guntur.  Keempatnya hanya bungkam saat dibawa ke mobil tahanan.

Diketahui, KPK telah menetapkan 12 orang tersangka yang terdiri dari anggota DPRD Provinsi Jambi Dan Kontraktor, yakni

1. Ketua DPRD Cornelis Buston

2. Wakil Ketua DPRD Ar Syahbandar

3. Wakil Ketua DPRD Chumaidi Zaidi

4. Pimpinan Fraksi Golkar Sufardi Nurzain

5. Pimpinan Fraksi Restorasi Nurani Cekman

6. Pimpinan Fraksi PKB Tadjudin Hasan

7. Pimpinan Fraksi PPP Parlagutan Nasution

8. Mantan Pimpinan Fraksi Gerindra Muhammadiyah

9. Ketua Komisi III DPRD Zainal Abidin

10. Anggota DPRD Elhelwi

11. Anggota DPRD Gusrizal

12. Anggota DPRD Effendi Hatta

Kedua belas anggota DPRD Provinsi Jambi tersebut diduga menerima suap dengan jumlah bervariasi. Suap diberikan agar Pimpinan dan anggota DPRD Provinsi Jambi tersebut mengesahkan Rancangan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah Provinsi Jambi Tahun Anggaran 2017 dan 2018.

Sementara Asiang diduga memberikan pinjaman uang sekira 5 Miliar Rupiah, yang akan diberikan kepada Pimpinan dan anggota DPRD Provinsi Jambi terkait pengesahan APBD. (Tim/Mey)

Bagikan

15 thoughts on “KPK Tahan Tiga Anggota DPRD Jambi dan Kontraktor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: