Kenaikan Kelas dan Kelulusan Siswa Tergantung Kebijakan Sekolah

sekitarjambi.com – Kuala Tungkal, Imbas libur panjang akibat virus corona, aktivitas belajar mengajar sekolah menjadi terhenti. Bukan hanya aktivitas belajar, ujian dan praktik pun menjadi terhenti. Saat ini Dinas Pendidikan menyerahkan kenaikan kelas dan kelulusan siswa, tergantung kebijakan sekolah.

Berdasarkan surat edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 14 tahun 2020, tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran virus corona, kelulusan dan kenaikan menjadi kewenangan pihak sekolah. Keputusan ini menyusul dibatalkannya ujian kompetensi keahlian, dan ujian nasional berbasis komputer 2020. Sehingga keikutsertaan UNBK tidak menjadi syarat kelulusan ataupun seleksi masuk jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Kabid Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan Dinas Pendidikan Tanjab Barat, Sarjono mengatakan, pihak sekolah diperbolehkan menggelar proses belajar di rumah, dengan ketentuan sesuai surat edaran. Sebab sekolah boleh menggelar ujian daring atau ujian jarak jauh berbasis online, dengan catatan tidak mengumpulkan siswa di sekolah. Namun hal ini tergantung kebijakan sekolah dalam penerapan, asal tidak terlalu membebani siswa. “Ini semua dikembalikan kepada sekolah masing-masing, jangan sampai ada yang dirugikan.” jelasnya kepada sekitarjambi.com. (Sry)

Bagikan

60 thoughts on “Kenaikan Kelas dan Kelulusan Siswa Tergantung Kebijakan Sekolah

Tinggalkan Balasan

error: