PetroChina Luncurkan Program Beasiswa untuk Pelajar di Tanjung Jabung Timur

sekitarjambi.com – Tanjab Timur, Kamis 5 November 2020, PetroChina International Jabung Ltd. meluncurkan beasiswa untuk pelajar di Kabupaten Tanjung Jabung Timur, sebagai program corporate social responsibility.

Peluncuran beasiswa ini berlangsung di aula Kantor Bupati Tanjung Jabung Timur, dihadiri oleh Pjs Bupati Tanjung Jabung Timur Varial Adhi Putra, Kepala Dinas Pendidikan Tanjung Jabung Timur, beserta sejumlah perwakilan siswa/i dari tingkat SD hingga SMA. Di tengah pandemi Covid-19 yang belum usai, pihak PetroChina hadir melalui video conference, yakni Vice President Human Resources and Relation SKK Migas – PetroChina International Jabung Ltd. Dencio Renato Boele, yang turut menjelaskan pemberian beasiswa terhadap siswa/i merupakan upaya pemerataan akses kesempatan belajar bagi masyarakat.

“Program beasiswa PetroChina telah digagas sejak tahun 2016, kemudian pada tahun 2019-2020 kami bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Tanjung Jabung Timur sebagai mitra pelaksana. Kami mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur khususnya dinas pendidikan, atas kemitraan yang terjalin dengan baik. Selain memberikan beasiswa, PetroChina turut mendukung peningkatan kompetensi tenaga pendidik, yakni tenaga pendidik di sekolah dasar 40 orang dan sekolah menengah pertama 40 orang. Program PetroChina lainnya di bidang pendidikan yakni terhadap kegiatan literasi, termasuk penyediaan perpustakaan keliling yang diharap mampu menjangkau daerah terpencil,” jelas Dencio.

Pada kesempatan ini, Pjs Bupati Tanjung Jabung Timur, Varial Adhi Putra sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih, atas langkah yang dilakukan PetroChina dalam mendukung peningkatan kualitas pendidikan, salah satunya dengan memberikan beasiswa kepada siswa dan siswi di Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Beasiswa ini ada, dituturkan berkat terjalinnya kerja sama yang baik antara Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur dengan PetroChina. Varial berharap dengan adanya beasiswa ini dapat bermanfaat bagi anak-anak dalam memenuhi kebutuhan pendidikan, terlebih di tengah kondisi pandemi Covid-19 saat ini. Harapan lainnya jika saat ini beasiswa diberikan kepada 992 siswa,maka kedepannya semoga bisa menjadi lebih dari 1.000 siswa yang menerima bantuan dari PetroChina Jabung Ltd.

“Alhamdulillah pada hari ini (5/11) PetroChina menyerahkan bantuan beasiswa kepada para pelajar kita yang ada di Kabupaten Tanjung Jabung Timur, mulai dari SD, SMP hingga SMA, lebih kurang jumlahnya 992 siswa. Harapannya, kedepan beasiswa PetroChina dapat menyasar lebih dari 1.000 siswa/i. Tentunya di masa pandemi ini banyak keluarga-keluarga yang terdampak ekonominya, sehingga dengan adanya bantuan beasiswa PetroChina bisa mengurangi beban para orangtua siswa.” ujarnya.

Selain itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Junaedi Rahmat menuturkan, dari 992 siswa/i yang mendapatkan beasiswa, terinci mulai dari SD, SMP, dan SMA.

“Untuk siswa SD yang menerima beasiswa ada sebanyak 695 orang, SMP 230 orang, dan untuk siswa/i SMA/SMK sederajat 67 orang siswa. Besaran beasiswa yang diberikan kepada siswa SD berjumlah 800 ribu rupiah per siswa/tahun, SMP 1 juta rupiah per siswa/tahun, dan SMA 1,2 juta rupiah per siswa/tahun. Dalam penerimaan beasiswa ini, ada 2 kriteria penilaian diantaranya untuk anak-anak yang kurang mampu, dan anak-anak berprestasi. Sejauh ini beasiswa didominasi menyasar untuk anak-anak yang kurang mampu.” tutupnya.

Pada kesempatan ini, beberapa siswa turut menyampaikan terima kasih kepada pihak PetroChina, atas bantuan beasiswa yang telah diberikan. Nantinya beasiswa yang diberikan akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan dan keperluan sekolah, baik itu membeli tas, buku, membayar SPP, dan kebutuhan lainnya. (Rma)

Bagikan

Tinggalkan Balasan

error: