119 Mahasiswa/i dari Seluruh Indonesia Ikuti Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Angkatan 2 Universitas Jambi Tahun 2022

sekitarjambi.com – Jaluko, “Terima kasih atas kepercayaan mahasiswa/i dari ibu/bapak telah hadir bersama kami pagi ini. Selama 4 bulan, ya enjoy Jambi,” ujar Rektor Universitas Jambi, Prof. Drs. H. Sutrisno, M.Sc., Ph.D., saat Penyambutan Mahasiswa Inbound dan Pelepasan Mahasiswa Outbound Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Angkatan 2 Universitas Jambi Tahun 2022 mengangkat tema “Bertukar Sementara Bermakna Selamanya,” pada Selasa (16/8/2022) di Aula Rektorat Universitas Jambi.

Mahasiswa/i Outbound tersebut berjumlah 395 orang, tersebar di 70 Perguruan Tinggi Mitra. Sedangkan, Mahasiswa/i Inbound berjumlah 119 orang, berasal dari 45 perguruan tinggi di Indonesia.

“Sebanyak 6 orang memandu keseharian mahasiswa/i yang dikenal sebagai para mentor. Mahasiswa/i Inbound ditempatkan di Rusunawa Universitas Jambi dengan fasilitas yang memadai,” ujar Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Jambi, Dr. Kamid.

“Dari 6 mentor tersebut, tugasnya membantu dosen modul nusantara. Mentor-mentor ini harus punya wawasan yang bagus tentang budaya, aktivitas masyarakat Jambi khususnya. Baik itu budaya yang sifatnya peninggalan, maupun yang sifatnya aktivitas,” tambahnya.

Rektor Universitas Jambi, Prof. Drs. H. Sutrisno, M.Sc., Ph.D. menuturkan, tema kali ini membawa makna yakni Bhinneka Tunggal Ika. Universitas Jambi menyambut baik para peserta dari 45 perguruan tinggi. Universitas Jambi menjunjung tinggi nilai adat dan kearifan lokal, diharapkan para mahasiswa/i Inbound betah dan patuh terhadap adat yang berlaku di Provinsi Jambi.

“Tentu selamat datang ke kampus Universitas Jambi, merupakan kegiatan tahun kedua, tentu pihak pengelola telah berpengalaman di bidangnya. Pelajaran baik di tahun pertama perlu kita cermati di tahun kedua,” ujarnya.

Dalam hal ini, Universitas Jambi terus berbenah dengan memanfaatkan fasilitas seperti UNJA SMART Corner untuk para mahasiswa/i Inbound. Universitas Jambi sendiri terbuka terhadap saran dan masukkan dari mahasiswa/i Inbound demi perbaikan yang lebih positif ke depannya.

Sementara, Dedek Pratamayatno selaku mahasiswa Outbound Fakultas Pertanian Universitas Jambi mengaku telah mempersiapkan bekal yang cukup untuk melaksanakan pertukaran mahasiswa ke Universitas Papua.

“95 persen bekalnya sudah dipersiapkan. Dari persiapan keberangkatan, persiapan dari packing-packing baju dan lainnya,” tuturnya. (Ut)

www.unja.ac.id

Bagikan
error: