Giat berinovasi, CV. Poljam Rubberindo Luncurkan Beragam Alat Bermanfaat

sekitarJambi.com – Kota Jambi, Politeknik Jambi kian menunjukkan inovasinya. Berawal pada tahun 2017, Politeknik Jambi membentuk CV. Poljam Rubberindo. Ari Kurniawan selaku Direktur CV. Poljam Rubberindo mengatakan, CV ini memiliki beragam alat hasil penelitian dosen, yang telah dimanfaatkan oleh masyarakat dan instansi di Provinsi Jambi.

Dituturkan, ada enam alat hasil penelitian dosen, yakni mesin pres karet 5 roll, mesin perajang singkong multi pisau, mesin pengaduk dodol nanas, mesin pembelah pinang skala rumah tangga, automatic disinfectant chamber, serta reaktor pirolistik pengubah sampah plastik menjadi bahan bakar minyak.

Mesin pres karet 5 roll ini sudah dijual sebanyak 1 unit kepada Balitbangda Provinsi Jambi, dijual sebanyak 2 unit kepada PT. Restorasi ekosistem Indonesia (Sungai Bahar). Mesin ini dibuat oleh dosen Politeknik Jambi yakni Ari Kurniawan, S.T., M.Kom. dan Sigit Kurniawan, M.Si.

Mesin perajang singkong multi pisau ini dijual kepada UMKM 7 Putra Jambi sebanyak 1 unit, dan dijual ke UMKM Putri Kerinci sebanyak 1 unit. Mesin ini dibuat oleh Sukadi, S.T., M.T. dan Novarini, S.T., M.T.

Untuk mesin pengaduk dodol nanas ini termasuk dalam program hibah, dan pendampingan kepada UMKM usaha dodol nanas di Desa Tangkit Baru Kabupaten Muaro Jambi. Alat ini diciptakan oleh Sepriyanto, S.T., M.T. dan Maizal Isnen, S.Si., Pg, Cert.

Mesin pembelah pinang skala rumah tangga ini sudah dijual sebanyak 1 mesin kepada pengepul buah pinang, di Desa Sengeti Kabupaten Muaro Jambi. Alat ini diciptakan oleh Ari Kurniawan, S.T., M.Kom.

Selain itu, di bawah naungan politeknik Jambi, CV. Poljam Rubberindo juga menunjukkan karya nyatanya dalam pencegahan Virus Corona. Yakni dengan membuat automatic disinfectant chamber. Alat ini dibuat dengan menggunakan sensor infrared, yang bisa mengatur lama nyala pompa dan 6 nozle sebagai pengembun cairan di dalam ruangan atau bilik, sehingga mampu membersihkan virus dan bakteri yang menempel pada pakaian dan permukaan tubuh. Sebanyak 1 unit telah dihibahkan kepada Disatbrimob Polda Jambi, dan sebanyak 2 unit dibeli oleh Peternakan Bhakti dan Distro Temphoyac. Karya nyata ini dibuat oleh Maizal Isnen, S.Si., Pg, Cert dan Ahmad Imam Rifa’i, S.T., M.T.

Dan terakhir ada reaktor pirolistik pengubah sampah plastik menjadi bahan bakar minyak. 1 unit alat ini sudah dibeli oleh PHE Jambi Merang, diberikan kepada Desa Sungai Lalan, Kecamatan Sungai Lilin, Musi Banyu Asin. Alat ini diciptakan oleh tiga dosen, Yakni Novarini, S.T., M.T., Sukadi, S.T., M.T., dan Ir. Hilda Porawati, M.T.

CV. Poljam Rubberindo menerima pesanan untuk Anda yang tertarik dengan alat-alat tersebut. Selain itu, CV. Poljam Rubberindo juga menerima pesanan alat custom, sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pembeli. Silahkan menghubungi Badar di nomor telepon 0822-8006-9039.(Wri)

Bagikan

Tinggalkan Balasan

error: