Kuliah Umum “Hulu Migas Untuk Negeri” oleh SKK Migas – KKKS Wilayah Jambi Sukses

Dalam rangka melaksanakan fungsinya sebagai Penyelenggara Pengelola Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi, SKK Migas Sumatera Bagian Selatan (SUMBAGSEL) bersama Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) di Wilayah Jambi menggelar kegiatan Kuliah Umum yang bertemakan “Hulu Migas Untuk Negeri” pada Rabu, 7 September 2022, bertempat di Gedung Balairung Universitas Jambi, Mendalo.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut antara lain yakni Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Jambi, Dr. Ir. Teja Kaswari, M.Sc. mewakili Rektor Universitas Jambi, Kepala Perwakilan SKK Migas SUMBAGSEL, Anggono Mahendrawan, Staf Ahli Menteri ESDM Bidang Ekonomi Sumber Daya Alam, Sampe L. Purba, Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Jambi, Drs. Jefri Marzal, M.Sc., D.I.T., Kepala Divisi Humas SKK Migas SUMBAGSEL, Andi Arie P., serta perwakilan dari Perusahaan Migas yang ada di Provinsi Jambi yakni KKKS PetroChina International Jabung Ltd., KKKS Pertamina Hulu Rokan Zona 1, KKKS MontD’Or Oil Tungkal Ltd., KKKS Seleraya Merangin Dua, KKKS Jindi South Jambi B Co. Ltd., KKKS Repsol, dan KKKS Jadestone Energy (Lemang) Pte. Ltd.

Kepala Perwakilan SKK Migas SUMBAGSEL, Anggono Mahendrawan mengatakan, Kuliah Umum Edukasi Hulu Migas bersama Universitas Jambi merupakan salah satu program kerja SKK Migas – KKKS Wilayah Jambi dalam bidang Pendidikan. Dimana pentingnya edukasi dan pengenalan mengenai industri hulu migas, guna pemahaman yang memadai mengenai industri dengan harapan dapat melancarkan kegiatan operasi hulu migas di seluruh daerah khususnya di Provinsi Jambi.

“Kami juga ingin menumbuhkan semangat mahasiswa/i Provinsi Jambi mengenai keingintahuan tentang hulu migas dan kegiatan hulu migas dan efek berganda dari adanya kegiatan hulu migas di Indonesia. Kuliah Umum Edukasi Hulu Migas ini diharapkan dapat menjadi momen penting guna mengenalkan industri hulu migas kepada masyarakat khususnya kepada mahasiswa/mahasiswi, yang kami harapkan dapat menjadi aset kebanggaan Indonesia di masa yang akan datang,” ungkap Anggono Mahendrawan.

Rektor Universitas Jambi yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Ir. Teja Kaswari, M.Sc., menyambut baik kegiatan kuliah umum dan berharap perusahan-perusahaan migas dapat berkontribusi untuk program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dan menjadi tenaga ahli di Universitas Jambi.

“Kita harus bersyukur bahwa kita kedatangan SKK Migas bersama perusahaan-perusahaan migas yang tujuannya memberikan informasi tentang kegiatan memproduksi minyak dan gas dari hulunya,” ujarnya.

SKK Migas memiliki peranan dalam upaya memberikan pemahaman serta pengenalan mengenai kegiatan usaha hulu minyak dan gas bumi kepada masyarakat termasuk kepada akademisi dan insan dunia pendidikan. Oleh karena itu, SKK Migas bersama KKKS di Wilayah Jambi memberikan Kuliah Umum dengan kuota 500 peserta yang hadir, terdiri dari mahasiswa/i Universitas Jambi, Universitas Islam Negeri Syaifuddin Jambi, Universitas Terbuka, Universitas Muhammadiyah, Universitas Batanghari, Universitas Dinamika Bangsa Jambi, Universitas Nurdin Hamzah, Universitas Adiwangsa Jambi, dan Politeknik Jambi.

Guna kelancaran acara, doa dibacakan oleh Rahmat Hidayat selaku Public Relations & Comdev KKKS MontD’Or Oil Tungkal Ltd. Dimana pada gelaran kuliah umum yang diikuti antusiasme ratusan peserta ini, turut dihadiri para dosen Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Jambi.

Kuliah Umum “Hulu Migas Untuk Negeri” yang digelar oleh SKK Migas – KKKS Wilayah Jambi tersebut memaparkan empat materi dalam dua sesi penyampaian. Pada sesi pertama bersama Kepala Divisi Humas SKK Migas SUMBAGSEL, Andi Arie P. selaku moderator, materi yang disampaikan yakni “Contemporary Issues in Energy and Mineral Resources” oleh Sampe L. Purba selaku Staf Ahli Menteri ESDM Bidang Ekonomi Sumber Daya Alam dan materi tentang “Operasi Produksi Industri Hulu Migas” oleh Andi Lowrens selaku Field Production KKKS Seleraya Merangin Dua. Sementara para sesi kedua bersama PR & Permit KKKS Seleraya Merangin Dua, Irvan Triesmadhana selaku moderator, materi yang disampaikan yakni “SENI (Sinergi Membangun Negeri) Kontribusi Hulu Migas melalui Program Pengembangan Masyarakat (PPM) serta Tips & Trik Untuk Bermitra Sebagai Industri Penopang KKKS” oleh M. Yuda Ramdani selaku CSR Specialist KKKS PetroChina lnternational Jabung Ltd. dan materi tentang “Meningkatkan Kompetensi Untuk Mendukung Kegiatan Usaha Hulu Migas” oleh Febry Sudyatmo selaku Asst. Manager HCBP Zona 1 KKKS Pertamina Hulu Rokan.

Pada sesi tanya jawab, para peserta Kuliah Umum “Hulu Migas Untuk Negeri” antusias memberikan pertanyaan terkait kegiatan industri hulu migas berlangsung kepada para narasumber. Pada kegiatan yang diorganisir oleh PT. Searah Media Utama (Searah), menutup kegiatan secara apik, Selebgram Jambi yakni Anita Sari “Supik Lancip” bersama Yudha Ramadhona selaku CSR Specialist KKKS PetroChina International Jabung Ltd. berbagi keceriaan dan keberuntungan dengan memberikan berbagai permainan edukasi terkait Industri Hulu Migas kepada ratusan peserta kuliah umum. (Ut/Mk)

Bagikan
error: