Gempa 6,4 SR di SUMBAR, Jaringan Telekomunikasi di JambiBerpotensi Gangguan

sekitarjambi.com – Jambi, Melalui akun instagramnya yakni @bmkg_jambi, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Jambi mengabarkan bahwa gempa berkekuatan 6,4 SR mengguncang wilayah Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (SUMBAR) pada Jumat (25/2/2022) sekira pukul 08.39 WIB.

Kepala BMKG Stasiun Meteorologi Klas I Sultan Thaha Jambi, Ibnu Sulistyono mengatakan bahwa meski wilayah terjadinya gempa di SUMBAR, daerah sekitar salah satunya Jambi ikut merasakan dampak dengan adanya potensi gangguan jaringan telekomunikasi.

Ibnu juga menjelaskan adanya gangguan jaringan telekomunikasi karena terjadi Base Transceiver Station (BTS) yang down atau off sehingga jaringan seluler tidak menyala.

“Sinyal telekomunikasi berpotensi gangguan seiring gempa yang terjadi di SUMBAR. Tak hanya itu, ada juga semacam layanan provider yang down di suatu wilayah terjadi gempa,” ujarnya.

Beberapa operator mengantisipasinya dengan menyalakan genset dan melakukan rekayasa jaringan agar layanan untuk pelanggan tetap bisa terjaga. Namun, masyarakat diminta untuk terus waspada dengan adanya gempa susulan yang menjadikan jaringan terputus dan mengakibatkan suara hilang timbul. (Iz)

Bagikan