Direktur Politeknik Jambi Hadiri Webinar Tingkat Nasional Bertajuk Strategi & Kebijakan Vokasi Pasca Pandemi

sekitarjambi.com – Kota Jambi, Forum Direktur Vokasi Swasta Indonesia menggelar webinar bertajuk “Arah, Strategi, dan Kebijakan Pendidikan Tinggi Vokasi, Pasca Pandemi Covid-19″. Acara yang berlangsung pada Sabtu 30 Mei ini, diikuti sekira 3.000 orang melalui aplikasi zoom, dan disaksikan pula melalui live streaming youtube channel Forum Direktur Vokasi Swasta Indonesia.

Hadir sebagai pembicara kunci dalam acara ini adalah Direktur Jendral Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Wikan Sakarinto, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah IV, Rektor Telkom University, Direktur Poltekpos sekaligus ketua FDVSI Agus Purnomo. Direktur Politeknik Jambi Hilda Porawati turut hadir dalam webinar ini.

Ketua FDVSI, Agus Purnomo memaparkan, saat ini FDVSI memiliki anggota sekira 189 direktur dari Politeknik, Akademi, dan Sekolah atau Fakultas Vokasi yang berasal dari Sabang hingga Merauke. Dirinya menyebut, tujuan dari diselenggarakannya acara yakni pihaknya ingin menjadi partner, untuk menyosialisasikan berbagai kebijakan dan program Dirjen Diksi, sekaligus memperhatikan serta mengakomodasi berbagai aspirasi dari FDVSI.

Sementara itu, Wikan Sakarinto menjelaskan, untuk menjalin “link and match” dengan pihak industri, perlu adanya 9 poin penting yang harus diwujudkan yakni:

  1. Kurikulum yang disusun bersama dengan pihak industri
  2. Dosen-dosen tamu yang berasal dari industri
  3. Program magang yang terstruktur dan dikelola bersama dengan baik
  4. Komitmen yang kuat dan resmi industri dalam penyerapan lulusan
  5. Program beasiswa dan ikatan dinas bagi mahasiswa
  6. Bridging program dimana pihak industri memperkenalkan teknologi dan proses kerja kepada para dosen
  7. Sertifikasi kompetensi yang diberikan kepada lulusan
  8. Bantuan alat laboratorium oleh pihak industri
  9. Joint research

Lebih lanjut, Dirjen menyatakan terhadap masalah yang dikemukan oleh FDVSI, tentang program penguatan pendidikan tinggi vokasi tahun 2020, yang saat ini hanya diberikan untuk PTN vokasi secara kompetisi, maka program serupa akan diberikan juga secara terpisah kepada PTS vokasi.

Dalam hal ini, Direktur Politeknik Jambi Hilda Porawati M.T. berharap adanya dukungan penuh, terhadap Pendidikan Vokasi dari Dirjen melalui Permen, mengingat Politeknik Jambi merupakan pendidikan vokasi satu-satunya yang berada di Provinsi Jambi. “Kita berharap pendidikan vokasi juga menjadi prioritas karena peluang di masa yang akan datang sangat menjanjikan bagi lulusan sekolah vokasi seperti Politeknik Jambi ini,” jelasnya.

Bagi Anda yang berminat untuk berkuliah di Politeknik Jambi, Politeknik Jambi membuka program studi baru, yaitu teknologi rekayasa perangkat lunak dengan tingkatan sarjana terapan (S1). Bagi Anda yang mendaftar pada program studi baru akan mendapatkan gratis uang pendaftaran, dan uang pembangunan serta diskon spp 500.000 rupiah hingga tamat.

Bagi Anda yang ingin melanjutkan kuliah, pendaftaran mahasiswa baru masih berlangsung hingga 31 Agustus 2020. Silahkan kunjungi website Politeknik Jambi di pmb.politeknikjambi.ac.id cp dinda: 0812-8927-3485. (wri)

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: