Deradikalisasi sebagai Upaya Mencegah Aksi Terorisme

sekitarjambi.com – Bungo, Pemerintah Provinsi Jambi melalui POLDA Jambi membantu perekonomian eks deportan yang telah bebas dan kembali ke tengah lingkungan masyarakat. Salah satu upaya yang dilakukan adalan pemberian bantuan ekonomi kepada eks deportan, salah satunya berupa modal usaha. Selain itu, eks deportan juga mendapatkan pendampingan sosial yang berkelanjutan.

Hal ini dilakukan dengan harapan para eks deportan tidak kembali terpengaruh paham radikal. Bahkan sampai melakukan aksi terorisme yang dapat mengakibatkan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat di Provinsi Jambi khususnya di Kabupaten Bungo menjadi tidak kondusif.

Untuk itu, guna mencegah adanya aksi teror dan radikalisme, Pemerintah Provinsi Jambi melalui POLDA Jambi saat ini tengah melakukan upaya dalam menangkal penyebaran, yaitu dengan melakukan program deradikalisasi. Upaya ini dilakukan secara menyeluruh, mulai dari pelaku hingga keluarga bahkan masyarakat secara luas.

Program deradikalisasi dilakukan, dengan tujuan menetralkan pemikiran-pemikiran radikalisme. Untuk eksekusinya, program dilakukan secara informal, dengan mengadakan kegiatan pembinaan wawasan kebangsaan yang dilaksanakan door-to-door, yang juga diisi dengan wawasan keagamaan.

Tentu, program ini harus didukung dan butuh sinergi oleh seluruh pihak yakni pemerintah dan juga masyarakat, mulai dari RT/RW, pemerintah daerah, hingga pemerintah pusat melalui badan/lembaga yang telah ditunjuk oleh Undang-Undang. (Iz)

Bagikan
error: