April 2021, Bupati Tanjabbar dan Batanghari Dilantik

sekitarjambi.com – Kota Jambi, Sekretaris Daerah Provinsi Jambi Sudirman menyatakan pada Rabu 27 Januari 2021 malam, pihaknya telah menerima surat dari Kemendagri, untuk pengusulan tiga nama PJ Bupati Tanjung Jabung Barat dan Batanghari. Dua daerah ini akan menggunakan mekanisme PJ, dimana Gubernur Jambi diminta mengusulkan tiga nama Pejabat Eselon II Pemerintah Provinsi Jambi, bisa dari kepala dinas atau kepala biro.

Sudirman menuturkan, pertimbangan pengunduran jadwal pelantikan bupati ini lantaran banyak sengketa Pilkada Kabupaten/Kota yang tengah diproses di Mahkamah Konstitusi. Meskipun untuk Kabupaten Batanghari dan Tanjung Jabung Barat tidak bermasalah dan tidak mengajukan sengketa pilkada, namun berdasarkan surat Kemendagri, pelantikan bupati ini akan mundur hingga April 2021.

Teknisnya, 3 calon PJ Bupati secepatnya diusulkan pada akhir Januari, dan paling lambat pada awal Februari. Sudirman menegaskan, pengusulan PJ Bupati/Wali Kota tidak termasuk untuk Kabupaten Bungo dan Kota Sungai Penuh. Karena untuk jabatan kepala daerah di 2 wilayah tersebut, berakhir pada Juni 2021.

Sementara untuk pelantikan Gubernur Jambi tidak ada usulan, karena usulan PJ Gubernur merupakan wewenang dari Kemendagri, dan nantinya yang akan mengusulkan dari Dirjen Otda Kemendagri. Dimana untuk PJ Gubernur Jambi, berpeluang besar dijabat oleh Pejabat Eselon I Kemendagri. (Rcc)

Bagikan

20 thoughts on “April 2021, Bupati Tanjabbar dan Batanghari Dilantik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: