Viral Awan Gelombang Tsunami Di Aceh

sekitarjambi.com – Aceh, baru-baru ini jagat maya tengah diramaikan dengan adanya fenomena awan yang berbentuk seperti gelombang tsunami di Kota Meulaboh, Aceh Barat. Pasalnya hal tersebut  bermula dari unggahan salah satu warganet di media sosial Twitter yang kemudian menjadi trending.

Akun bernama @masawep yang mengunggah video penampakan dari awan yang berbentuk gelombang tsunami itu mengunggah postingannya pada pukul 10.35 kemarin (10/8/20).  Dalam video berdurasi 29 detik itu tampak gumpalan awan yang gelap seakan menyelimuti Kota Meulaboh pada pagi hari.

Menariknya takarir yang dituliskan pada postingan tersebut, berisi permohonan doa agar Kota Meulaboh baik-baik saja.“Mohon doanya Kota Meulaboh baik2 saja. Pemandangan awan pagi ini di atas kota Meulaboh, Aceh Barat” tulisnya.

Kini terpantau unggahan warganet tersebut sudah mendapatkan 27 ribu lebih like dan telah di retweet sebanyak 10 ribu lebih.

Secara ilmiah Badan Meteorologi, Krimatologi, dan Geofisika (BMKG) sendiri menjelaskan bahwa fenomena awan tersebut lazim terjadi dan tidak menimbulkan adanya potensi tsunami atau gempa bumi.

“Secara ilmiah dalam dunia meteorologi, fenomena awan tersebut dinamakan dengan awan arcus. Fitur awan arcus dapat ditemukan di antara jenis awan Cumulonimbus dan Cumulus,” kata Deputi Bidang Meteorologi, BMKG, Guswanto dalam keterangannya, Selasa (11/8/20).

Dalam hal tersebut Guswanto menambahkan bahwa fenomena awan arcus ini bisa terjadi sebab adanya fenomena angin laut dalam skala yang besar. Kemudian angin laut ini mendorong massa udara ke daratan, sehingga terjadilah gumpalan awan itu. (*)

Bagikan

Tinggalkan Balasan

error: