Ulasan Hidup Pintar di Tengah Dunia Digital Semarakkan Webinar Literasi Digital Tanjab Timur

sekitarjambi.com – Program Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 di Kabupaten Tanjung Jabung Timur, menggelar webinar bertajuk “Hidup Pintar di Tengah Dunia Digital”. Kegiatan ini berlangsung pada Jumat, 20 Agustus 2021, pukul 14.00-17.00 WIB.

Kegiatan masif yang diinisiasi dan diselenggarakan oleh Direktorat Pemberdayaan Informatika Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo RI ini, bertujuan mendorong masyarakat menggunakan internet secara cerdas, positif, kreatif, dan produktif, sehingga dapat meningkatkan kemampuan kognitif untuk mengidentifikasi hoaks, serta mencegah terpapar berbagai dampak negatif penggunaan internet.

Pada kegiatan yang diikuti puluhan peserta dari berbagai daerah ini, menghadirkan narasumber yang berkompeten di bidangnya, yaitu Nelvia Gustina selaku Komisioner Komisi Informasi DKI Jakarta, M. Isrok Nugroho, S.P., M.Si. selaku Project Manager/ Consultant, Setiawan Assegaff, S.T., M.MSI., Ph.D. selaku Rektor Universitas Dinamika Bangsa, dan Ika Kartikasari, S.Si., M.Pd. selaku Guru SMA Negeri 8 Tanjung Jabung Timur. Bertindak sebagai Key Opinion Leader yakni @chachaannissa yang merupakan pembawa berita TvOne, Dosen, dan Moderator.

Setiawan Assegaff, salah seorang narasumber mengatakan, literasi digital sudah menjadi kebutuhan sangat penting dan mendesak, untuk dilakukan secara masif dan terstruktur bagi bangsa Indonesia saat ini.

“Masih rendahnya indeks literasi digital dan tingginya penyebaran hoax, menjadi salah satu kendala besar bagi bangsa kita untuk menuju terwujudnya Indonesia Digital National,” ujar Setiawan.

Ika Kartikasari, yang juga merupakan narasumber pada webinar kali ini mengatakan, muara dari kecakapan digital (digital skills) di dunia pendidikan adalah bagaimana menciptakan pembelajaran yang efektif dan efisien, sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna, meski diselenggarakan secara daring, hingga mampu membelajarkan siswa.

“Kecakapan digital (digital skills) merupakan visi jangka panjang, untuk itu tidak mungkin serta merta akan menyentuh seluruh wilayah Indonesia hingga ke pelosok. Tentu saja pencapaiannya akan bertahap, untuk itu diperlukan motivasi yang kuat untuk mau meng-upgrade pengetahuan dan keterampilannya,” ujar Ika.

“Semoga kegiatan ini mampu memotivasi dan mengedukasi seluruh masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat Tanjung Jabung Timur agar menjadi insan-insan yang melek digital,” tambahnya.
Webinar Literasi Digital 2021 yang diikuti puluhan peserta ini digelar secara gratis. Para peserta mendapat E-sertifikat dari Kementerian KOMINFO RI, dan ada hadiah voucher menarik untuk 10 peserta yang beruntung. (Tim)

Bagikan
error: