Tips Hujan Cuan di Ruang Digital Jadi Ulasan Webinar Literasi di Tanjung Jabung Timur

sekitarjambi.com – Program Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 di Kabupaten Tanjung Jabung Timur menggelar webinar bertajuk “Tips Hujan Cuan di Ruang Digital”. Kegiatan ini berlangsung pada Kamis, 5 Agustus 2021, pukul 09.00 – 12.00 WIB.

Kegiatan masif yang diinisiasi dan diselenggarakan oleh Direktorat Pemberdayaan Informatika Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo RI ini, bertujuan mendorong masyarakat menggunakan internet secara cerdas, positif, kreatif, dan produktif sehingga dapat meningkatkan kemampuan kognitif untuk mengidentifikasi hoaks, serta mencegah terpapar berbagai dampak negatif penggunaan internet.

Kegiatan yang diikuti ratusan peserta dari berbagai daerah ini menghadirkan narasumber yang berkompeten di bidangnya, yaitu Fitria Widi Waluya selaku Mediapreneur, TV presenter, dan Owner Eloxa, Inna Dinovita, S.TP selaku CEO Saesha Cantika Indonesia, Novri Adhiatma, M.Kom. selaku Dosen Universitas Nurdin Hamzah, dan DR. Darma Putra, M.PKim selaku Dosen Pascasarjana UIN STS Jambi. Bertindak sebagai Key Opinion Leader yakni @pinieyes yang merupakan Presenter @jtv_rek, Putri Indonesia Jawa Timur, Miss Internet Indonesia 2017, dan MC.

Darma Putra, salah seorang narasumber mengatakan, teknologi digital merupakan sebuah keniscayaan. Oleh karena itu tidak bisa dihindari, tapi harus berjalan berdampingan.

“Teknologi dibangun untuk kesejahteraan, namun dalam perjalanan menimbulkan dampak yang kadang kala merugikan manusia. Solusinya adalah memperbanyak kebermanfaatan teknologi melalui peningkatan pengetahuan masyarakat akan arti penting teknologi dibuat,” ujar Darma.

Ditambahkan, membelajarkan masyarakat tentang pemanfaatan teknologi adalah solusi positif menuju hidup sejahtera bersama teknologi.

“Lembaga pendidikan harus menjadi rumah ramah teknologi, guru harus memperkuat keterampilan untuk memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran, dan orang tua harus bisa menjadi pengontrol yang cerdas. Sehingga keuntungan demografi tahun 2045 dapat kita raih, bravo KEMENKOMINFO,” ujar Darma.

Sebagai narasumber lainnya, Novri Adhiatma mengatakan, kegiatan ini luar biasa bagus, karena dapat menambah wawasan khususnya para generasi muda dan umumnya masyarakat luas, agar lebih termotivasi cakap akan dunia digital.

Diketahui, webinar Literasi Digital 2021 yang diikuti ratusan peserta ini digelar secara gratis, dimana para peserta mendapat E-sertifikat dari Kementerian KOMINFO RI, dan ada hadiah voucher menarik untuk 10 peserta yang beruntung. (Tim)

Bagikan
error: