Taman Ekologi “Gerbang Lestari” PetroChina Hadir di Festival Peduli Sampah Nasional 2022

sekitarjambi.com – Jakarta, PetroChina International Jabung Ltd. berkesempatan membuka stan terkait Pengembangan Taman Ekologi “Gerbang Lestari” di Desa Kota Baru, Kecamatan Geragai, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, dalam Festival Peduli Sampah Nasional 2022, di Jakarta pada Selasa (14/6/2022).

HSSE Manager PetroChina Jabung, Alvin Reginald menuturkan, PetroChina ikut serta dalam Festival Peduli Sampah Nasional 2022 sebagai bentuk kepedulian di bidang Pengelolaan Sampah di Indonesia, yang diamanatkan oleh UU No. 18 Tahun 2008.

“PetroChina sangat berkomitmen dalam pengelolaan sampah yang dihasilkan dalam kegiatan operasi Blok Jabung. Selain itu, kami juga mengajak komunitas di sekitar Wilayah Kerja Jabung untuk mengelola sampah supaya memiliki nilai tambah. Saat ini, tidak hanya soal reduce-reuse-recycle, kita juga perlu memastikan bagaimana memperpanjang siklus hidup/manfaat sebuah barang,” ujarnya.

“Secara bertahap, PetroChina juga mendorong terciptanya ekonomi sirkular yang bertujuan menjaga agar sumber daya yang ada dapat dipakai selama mungkin dan memiliki nilai maksimal.” tambah Alvin.

Program Taman Ekologi Gerbang Lestari merupakan salah satu program tanggung jawab sosial dari SKK Migas – PetroChina yang dilaksanakan pada tahun 2022. “Gerbang Lestari” merupakan singkatan dari Gerakan Pengembangan Lingkungan Ekologi dan Sapi – Sawit Terintegrasi.

Taman Ekologi Gerbang Lestari merupakan sebuah kawasan yang menyediakan sarana edukasi non-formal dalam bentuk sekolah lapang ramah lingkungan yang memfasilitasi siapa saja yang ingin mendapatkan informasi, belajar, magang, bahkan hiburan dalam bentuk wisata edukasi terkait pelestarian lingkungan.

Dalam festival, Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah, dan Bahan Beracun Berbahaya (Dirjen PSLB3) KLHK, Shinta Saptarina Soemiarno menuturkan, KLHK menggelar Festival Peduli Sampah Nasional 2022, bertema “Indonesia Bersih 2025 Berbasis Circular Economy” dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional 2022 dan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2022.

Shinta menuturkan, isu sampah dan pengelolaannya dapat menjadi bahan baku ekonomi Indonesia dan terus dikembangkan dalam rangka mewujudkan pertumbuhan ekonomi Indonesia.

“Sektor ini juga akan mendorong Indonesia yang sangat vital dalam mewujudkan Indonesia Bersih 2025 khususnya Berbasis Circular Economy, dan akan mendorong pertumbuhan ekonomi di Indonesia,” ujarnya.

Ia turut menjelaskan, pemerintah melakukan pengembangan inovatif pengelolaan sampah dalam skema kolaborasi publik dan swasta, untuk pemberdayaan pengelolaan sampah dengan paradigma baru circular economy.

“Jadi realisasi perwujudannya dari waste to resource melalui sirkular ekonomi dan mengubah sampah menjadi sebuah energi dan nanti kita akan kelola yang inovatif dari hulu ke hilir,” ungkap Shinta.

Dengan begitu, partisipasi masyarakat dalam pengelolaan sampah cukup tinggi, terbukti dengan banyaknya inisiasi dalam bentuk program daur ulang oleh berbagai elemen, mulai dari korporasi sampai ke komunitas.

Sementara itu, Dirjen Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Beracun Berbahaya (PSLB3), Rosa Vivien Ratnawati mengajak para produsen membuat perencanaan terkait peta jalan pengurangan sampah untuk mencapai target sebesar 30 persen pada tahun 2029. (Ut)

Bagikan
error: