Pemberian Warna Koper Mudahkan Identifikasi dan Efisiensi Waktu JCH Indonesia

sekitarjambi.com – Jambi, Guna memudahkan identifikasi dan efisiensi waktu Jemaah Calon Haji tahun 1443 Hijriah/2022 Masehi selama proses keberangkatan dan kepulangan, Kementerian Agama (KEMENAG) Republik Indonesia melakukan strategi pemberian warna pada koper jemaah.

Hal ini dibenarkan oleh Sub Koordinator Seksi Administrasi Dana Haji dan Sistem Informasi Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi, Yan Apriadi. Ia menjelaskan bahwa penandaan warna koper tersebut difokuskan pada koper besar jemaah.

Yan Apriadi menuturkan, pada musim haji tahun ini (red: 2022), satu kloter terdiri dari 10 rombongan, dan satu rombongan terdiri dari sekira 45 jemaah.

“Sesuai dengan jumlah rombongan dalam satu kloter, terdapat 10 warna koper jemaah yang ada pada masing-masing koper besar, diantaranya warna merah, kuning, biru, cokelat, hijau, putih, orange, ungu, hitam, dan merah muda. Penandaan warna dilakukan dalam bentuk sabuk pengaman dan penandaan warna yang dipasang pada bagian sebelah kiri atas koper jemaah,” jelasnya.

Tidak hanya itu, di bagian dalam koper juga dilakukan penandaan warna sesuai warna sabuk pengaman.

“Ini adalah salah satu inovasi dan strategi KEMENAG karena dengan tanda warna pada koper akan lebih memudahkan identifikasi dan sebagai efisiensi waktu mempercepat distribusi koper jemaah sesuai kelompok rombongan,” imbuhnya. (Iz)

Bagikan
error: