SKK MIGAS – KKKS Jambi Gelar Rapat Participating Interest 10% bersama KPK RI

sekitarjambi.com – Kota Jambi, SKK MIGAS – KKKS Jambi menggelar rapat secara hybrid yakni Pegayaan dan Pendalaman Alur Proses Participating Interest 10% di Wilayah Kerja Provinsi Jambi Tahun 20022 serta Mekanisme Alokasi Gas BUMD Kabupaten Tanjung Jabung Timur, pada Rabu (9/2/2022) di salah satu hotel ternama di Kota Jambi.

Anggono Mahendrawan selaku Kepala Perwakilan SKK MIGAS SUMBAGSEL mengharapkan dengan digelarnya rapat secara hybrid ini, pihak pemerintah daerah memperoleh edukasi, pengayaan, dan pendalaman terhadap proses participating interest 10% di Provinsi Jambi. Rapat ini diselenggarakan guna menindaklanjuti hasil rapat yang dilaksanakan bersama KPK RI, dimana pihaknya merasa perlu melaksanakan sosialisasi di Provinsi Jambi.

“Kami sangat mengharapkan pihak pemerintah daerah mendapatkan pemahaman tentang participating interest 10%. Selain itu, saya mohon maaf karena tidak bisa hadir secara langsung di lokasi,” ujarnya.

Maruli Tua selaku Kasatgas I.1 Direktorat Korsup Wilayah 1 KPK dalam sambutannya menuturkan, kaitan KPK terkait partisipating interest, yakni tugas pencegahan, melakukan koordinasi antara penegak hukum dan pelaku pelayan publik, tugas supervisi, monitoring, penyilidikan, penyidikan, dan penuntutan. KPK berusaha semaksimal mungkin untuk mencegah korupsi di Indonesia.

“Potensi atau risiko korupsi ini naik lagi, kami sampaikan agar kita semua menghindari kegiatan tersebut. Potensi moral hazard itu ada dalam aktivitas ini dan potensi penyimpangan di masa lalu harus dijadikan pelajaran,” ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Jambi, Al Haris yang hadir secara daring, berharap KPK dapat mengawasi alur dan kegiatan Participating Interest 10% SKK Migas di wilayah kerja Provinsi Jambi, demi kemajuan daerah Jambi.

“Indonesia baru Jawa Barat yang mendapat Participating Interest (PI). PEMPROV dan PEMKAB perlu mendapat upaya maksimal. PAD ke Jambi itu belum maksimal, oleh karena itu PI perlu dikawal. Semua pihak diharap mendukung Partisipating Interest agar bisa menyumbang ke PAD. Saya akan berjuang semaksimal mungkin demi penambahan PAD kita,” ujarnya. (Ut/Iz)

Bagikan
error: