Rektor UNJA Tandatangani MoU dan MoA dengan Badan Geologi Kementerian ESDM Serta Launching Geosite Kerinci

sekitarjambi.com – Bandung, Rektor Universitas Jambi, Prof. Sutrisno melaksanakan penandatanganan MoU dan MoA dengan Badan Geologi Kementerian ESDM. Penandatanganan MoU dan MoA tersebut dalam rangka implementasi kerja sama antara Badan Geologi Kementerian ESDM dan Universitas Jambi. Penandatanganan MoU dan MoA dilakukan, sekaligus Launching Geosite Kerinci Menuju Geo heritage dan Geopark Nasional, yang dilaksanakan di Ruang Auditorium Badan Geologi Bandung pada Rabu (2/2/2022).

Kerja sama ini meliputi Penandatangan MoU antara Badan Geologi Kementerian ESDM dan UNJA, Penandatangan MoA antara Badan Geologi Kementerian ESDM dan Universitas Jambi, Penandatangan PKS antara Pusat Sumber Daya Mineral, Batu Bara, dan Panas Bumi serta Pusat Air Tanah dan Geologi Tata lingkungan dengan Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Jambi.

Penandatanganan dihadiri oleh Kepala Badan Geologi Kementerian ESDM, Gubernur Jambi, Ketua DPRD Provinsi Jambi, Rektor serta Wakil Rektor Bidang Kerja sama dan Sistem Informasi Universitas Jambi, Kapus di lingkungan Badan Geologi, Dekan Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Universitas Jambi, Bupati Kerinci dan Bupati Tebo, Wali Kota Sungai Penuh, dan Kepala OPD lingkup Provinsi Jambi.

Kepala Badan Geologi, Dr. Ir. Eko Budi Lelono menyambut baik atas terlaksananya penandatangan MoU dan MoA tersebut. Menurutnya, pihaknya saat ini telah melakukan banyak kerja sama dengan berbagai universitas untuk mendukung program MBKM, baik itu riset, skripsi, dan tesis serta transfer knowledge. Selain itu ia sangat mendukung launching Geosite Kerinci yang kemudian akan menjadi Geoheritage dan sampai menjadi Geopark nasional, serta ke Geopark UNESCO.

“Kami berharap kerja sama ini dapat berjalan lancar. Badan Geologi Kementerian ESDM mendukung penuh pembangunan di daerah sehingga sumber daya alam bisa dimanfaatkan dan dilestarikan dengan baik,” ujar Eko Budi Lelono.

Sementara itu, Rektor Universitas Jambi, Prof. Sutrisno dalam sambutannya mengatakan, MoU dan MoA ini adalah respon kebijakan MBKM dan mahasiwa bisa mendapatkan 20 SKS di luar kampus, salah satunya magang di Badan Geologi Kementerian ESDM. Dirinya juga sangat mendukung dengan adanya Geosite Kerinci dan Geopark Merangin

“UNJA sangat mensupport Geosite Kerinci dan Geopark Merangin, kami memiliki Jurusan teknik kebumian di Fakultas Sains dan Teknologi dengan 3 prodi, yaitu Teknik Geologi, Teknik Pertambangan, dan Teknik Geofisika. Mahasiswa dan dosen akan lebih diaktifkan dan kami siap mengembangkan dan juga mempromosikan geosite di Jambi,” ujarnya.

Prof. Sutrisno juga mengatakan, MoU dan MoA ini diperuntukan bagi team teaching praktisi dari Badan Geologi Kementerian ESDM mengajar di Universitas Jambi. MoU dan MoA ini diharap sebagai dasar untuk menyusun roadmap penelitian bersama, menghasilkan publikasi internasional, serta sebagai laboratorium alam bagi penelitian dan pendidikan mahasiswa.

“UNJA siap mensupport dan berkolaborasi dengan Kementerian, bersama pemerintah provinsi dan pemerintah daerah. Serta berharap MoU dan MoA dapat memberikan manfaat bagi peneliti, terutama mahasiswa dan dosen di lingkup Universitas Jambi,“ tegas Prof. Sutrisno.

Sementara itu, Gubernur Jambi, Al Haris dalam sambutannya mengatakan mendukung penuh MoU dan MoA UNJA dengan Badan Geologi Kementerian ESDM.

“MoU ini untuk memajukan pendidikan mahasiswa Jambi dan launching ini sangat bermanfaat untuk ekonomi masyarakat dan pelestarian sumber daya alam geologi. Sehingga nantinya tercipta kolaborasi yang akan memajukan Jambi,” ujar Al Haris.

Acara ini diakhiri dengan dibunyikannya sirine tanda launching geosite, dilanjutkan pemberian cenderamata dan foto bersama.

www.unja.ac.id

Bagikan
error: