Dikarantina di Wisma Atlet Jakarta, 42 Jemaah Umrah Asal Jambi Terkonfirmasi Covid-19

sekitarjambi.com – Sebanyak 42 jemaah umrah asal Jambi dikabarkan terkonfirmasi Covid-19. Saat ini jemaah tersebut dikarantina di Wisma Atlet Jakarta. Hal ini dibenarkan oleh Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jambi, Abdullah Saman, Rabu (2/2/2022).

Menurut keterangan Abdullah Saman, pada 10 Januari 2022, Jambi perdana memberangkatkan rombongan umrah melalui biro travel Ameera Mekkah diikuti sebanyak 54 jemaah, dengan jadwal rombongan jemaah tersebut pulang ke Indonesia pada 21 Januari 2022. Namun ketika tiba di bandara dan dilakukan tes PCR, hasilnya menyatakan terdapat tiga jemaah yang terkonfirmasi Covid-19 sehingga harus dikarantina di Wisma Atlet Jakarta. Sementara 51 jemaah yang lainnya dikarantina di salah satu hotel di Jakarta.

“Awalnya tiga jemaah yang terkonfirmasi positif, hasil dari tes PCR pas di bandara,” ujar Abdullah Saman.

Selain itu, Abdullah saman menjelaskan, di hari keenam karantina tepatnya pada 26 Januari 2022, jemaah yang dikarantina di hotel Kembali dilakukan tes PCR. Hasilnya sangat mengejutkan karena terdapat 39 jemaah terkonfirmasi Covid-19, dan harus menyusul tiga Jemaah sebelumnya untuk dikarantina di Wiswa Atlet. Sementara untuk 12 jemaah lainya yang hasil tes PCR-nya negative, telah kembali ke Jambi dengan selamat.

“39 jemaah yang hasil tes PCR-nya positif langsung dipindahkan ke Wisma Atlet,. Jadi total yang terkonfirmasi positif sebanyak 42 jemaah,” ujarnya.

Hingga saat ini pihak Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jambi belum mendapatkan informasi lanjut, terkait gejala yang dialami jemaah terkonfirmasi Covid-19. Nantinya jika jemaah sudah dipastikan sehat, maka aman untuk segera kembali ke daerah masing-masing.

“Untuk saat ini informasinya masih terkonfirmasi Covid-19, tidak ada informasi terkonfirmasi Omicron atau yang lainnya,” ujarnya.

Abdullah Saman menambahkan, pada 21 Januari 2022, Provinsi Jambi berlanjut memberangkatkan jemaah umrah melalui biro travel Nur Ramadhan diikuti sebanyak 36 jemaah. Sesuai jadwal, puluhan jemaah tersebut kembali ke Indonesia pada 9 Februari.

“Sejauh ini masih ada jemaah yang di tanah suci. Informasinya Alhamdulillah sehat, akan kembali ke Indonesia pada tanggal 9 Februari,” ujarnya. (Iz)

Bagikan
error: