Politeknik Jambi Apresiasi Program Magang Bersama PetroChina International Jabung Ltd.

sekitarjambi.com – Kota Jambi, Pendidikan kejuruan atau pendidikan vokasi (skill-based) kini semakin populer di Indonesia, tidak terkecuali di Kota Jambi. Banyak perusahaan, baik swasta maupun BUMN, lebih menyukai para lulusan pendidikan kejuruan yang telah menguasai keahlian praktikal dan lebih siap bekerja. Pendidikan vokasi dinilai cocok bagi mereka yang sudah yakin dengan apa yang ingin mereka kejar sebagai karir masa depan.

Politeknik Jambi, sebagai lembaga pendidikan vokasi dengan motto siap kerja dan siap bersaing, senantiasa mengirimkan mahasiswa-mahasiswi semester empat dan berbagai program studi ke perusahaan-perusahaan ternama, termasuk PetroChina International Jabung Ltd.

Kepala Bagian Kerja Aama dan Alumni Politeknik Jambi, Nurul Fatiyah, menyampaikan apresiasinya kepada PetroChina yang telah memberikan kesempatan bagi putra-putri terbaik Politeknik Jambi untuk mengikuti program magang dan praktik kerja lapangan di perusahaan.

“Seorang lulusan Politeknik Jambi dari program studi Teknik Listrik dan dua orang lulusan Teknik Elektronika terbukti dapat bersaing, sehingga mampu bekerja di PetroChina,” ujar Nurul, yang juga mengajar mata kuliah Bahasa Inggris.

Dirinya menyampaikan harapan bahwa, ke depannya, Politeknik Jambi dan PetroChina International Jabung Ltd. dapat melakukan penandatanganan berupa MOU bersama. Ia menyampaikan bahwa pengukuhan kerja sama seperti ini dapat meningkatkan kualitas pendidikan vokasi di kawasan, khususnya di Politeknik Jambi.

Saat ini, Politeknik Jambi menduduki peringkat 27 dari seratus perguruan tinggi dalam kategori klasterisasi kinerja kemahasiswaan vokasi 2019. Dilansir dari tracer study Politeknik Jambi, sebagian besar lulusan memperoleh pekerjaan pertamanya kurang dari tiga bulan setelah lulus.

Politeknik jambi saat ini memiliki sejumlah program studi, yakni Teknik Mesin (DIII), Teknik Listrik (DIII), Teknik Elektronika (DIII), dan Akuntansi (DIII). selain itu, Politeknik Jambi telah membuka program studi baru, yaitu Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak dengan tingkatan sarjana terapan. Lembaga pendidikan ini juga mengedepankan beberapa program yaitu pembekalan alumni bagi mahasiswa tingkat akhir, magang industri, proyek akhir, dan model pendidikan berdasarkan 40% teori dan 60% praktik. (Ut)

Bagikan

Tinggalkan Balasan

error: