Warga Muara Bulian Temukan Buaya Terjebak di Jaring Nelayan

sekitarjambi.com – Warga di Kelurahan Teratai RT 23, Kecamatan Muara Bulian, Kabupaten Batanghari, dikejutkan oleh penemuan seekor buaya muara yang tersangkut di jaring nelayan.

Insiden ini dilaporkan kepada Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Batanghari pada Selasa (14/5/2024) pukul 08.00 WIB.

Kepala Bidang Penanggulangan Kebakaran, M. Jasmin, menjelaskan bahwa pihaknya segera merespons setelah menerima laporan tersebut. Ketika tiba di lokasi, buaya muara berukuran 2,5 meter tersebut telah diamankan oleh warga.

“Pagi tadi kami menerima laporan tentang buaya yang tersangkut di jaring nelayan. Buaya yang diperkirakan berumur tiga tahun ini memiliki panjang sekitar 2,5 meter,” jelasnya.

Proses evakuasi buaya muara ini berlangsung sekitar tiga puluh menit. Setelah berhasil dievakuasi, buaya tersebut dibawa ke kantor Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan untuk dilakukan koordinasi lebih lanjut dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jambi.

“Kita bawa ke kantor kami dan koordinasi dengan BKSDA untuk dikarantina,” tambahnya.

Jasmin menuturkan kepada masyarakat Kabupaten Batanghari, terutama yang tinggal di sekitar sungai, untuk selalu waspada dan berhati-hati.

“Kami mengimbau masyarakat, terutama dalam kondisi hujan saat ini, agar berhati-hati karena binatang buas dari rawa sungai bisa masuk ke permukiman. Oleh karena itu, kami meminta agar masyarakat selalu waspada,” tuturnya.

BKSDA Jambi akan terus berupaya menjaga keselamatan warga dan melindungi satwa liar melalui tindakan evakuasi dan karantina yang tepat. (AD)

Bagikan