PetroChina Jabung Bangun Infrastruktur Jalan Menuju Zabaq National Sirkuit

sekitarjambi.com – PetroChina Intenational Jabung Ltd. terus berkomitmen untuk turut membangun daerah di wilayah operasi kerjanya. Hal ini salah satunya terbukti dengan dibangunnya infrastruktur jalan menuju Zabaq National Sirkuit, yang berlokasi di Parit Culum I, Kecamatan Muara Sabak Barat, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jambi.

Pembangunan infrastruktur jalan tersebut dilaksanakan oleh PetroChina International Jabung Ltd. melalui program Tanggung Jawab Sosial (TJS) atau Program Pengembangan Masyarakat (PPM) dengan tujuan agar mempermudah akses masyarakat menuju Zabaq National Sirkuit.

Zabaq National Sirkuit merupakan satu-satunya Sirkuit Nasional Permanen yang ada di Provinsi Jambi, yang pembangunannya disiapkan oleh Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur beberapa waktu lalu.

“Dulu sebelum adanya pengerasan dan pengaspalan, jalan masuk sirkuit becek kalau hujan, apa lagi parkir jauh, jadi harus berjalan kaki kalau mau masuk, sekarang sudah diaspal, tidak becek lagi,” ujar salah seorang warga Parit Culum I, Rozali.

Rozali juga mengatakan, pembangunan jalan masuk sirkuit sangat bermanfaat bagi masyarakat yang ingin datang menonton, jika ada event race balap motor lagi. Terlebih, event balap motor sudah kerap digelar di Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

“Alhamdulillah, yang paling utama itu ucapan terima kasih kepada PetroChina, berkat perhatiannya pembangunan sirkuit juga terbantu. Semoga ke depannya tetap berkelanjutan,” harapnya.

Pembangunan infrastruktur jalan tersebut dilakukan pada November 2022 dan rampung pada awal Desember 2022. Secara perdana pada 9 Desember 2022 sirkuit telah digunakan untuk kegiatan road race.

Selain jalan menuju sirkuit, PetroChina melalui program PPM, juga sedang membangun jalan Pematang Rahim yang ditargetkan selesai pada Februari 2023 ini.

Vice President HR & Relations PetroChina, Dencio Renato Boele menyampaikan harapan agar bantuan jalan sebagai pelengkap sirkuit ini benar-benar dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat pecinta olahraga otomotif, terutama balap motor, khususnya di Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

“Olahraga balap motor merupakan salah satu bagian yang digemari masyarakat Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Karena itu, kami bangga bisa ikut berpartisi dengan melengkapi fasilitas sirkuit berupa jalan masuk sirkuit, mulai jalan masuk, hingga gerbang kawasan sirkuit,” ujarnya.

Selanjutnya Kepala Perwakilan SKK Migas SUMBAGSEL, Anggono Mahendrawan, menyampaikan rasa syukur atas telah terealisasinya bantuan dari PetroChina International Jabung Ltd. untuk pembangunan jalan tersebut,

“Kita semua tentu berharap ini dapat memberikan manfaat bagi semua pihak, juga tentunya mendukung program pembangunan oleh PEMKAB. Harapan tidak hanya memudahkan akses para pencita otomotif yang akan menyalurkan hobinya di sirkuit ini, namun juga memberikan fasilitas jalan yang baik bagi masyarakat yang juga akan memanfaatkan akses jalan ini,” ujar Anggono Mahendrawan.

Anggono juga berharap agar hasil pembangunan ini dapat dijaga bersama, sehingga manfaatnya dapat dirasakan dalam waktu jangka panjang.

“Yang akan pake sirkuit untuk kompetisi nyaman, masyarakat yang mau nonton juga nyaman, kita jaga bersama supaya nanti tetap terjaga dengan baik kondisi jalannya,” lanjut Anggono. (Iz)

Bagikan
error: