PetroChina Gelar Workshop Ecoprint dan Pewarnaan Batik Alami

sekitarjambi.com – Tanjung Jabung Timur, PetroChina International Jabung Ltd. bekerja sama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tanjung Jabung Timur melaksanakan kegiatan workshop ecoprint dan pewarnaan batik alami, Senin (22/11/2021). Kegiatan ini bertempat di rumah IKM Batik yang berlokasi di Desa Lambur I, Kecamatan Muara Sabak Timur, Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

Hadir dalam kegiatan ini yaitu Comdev Spv PetroChina International Jabung Ltd., Yulian, Sekretaris DISPERINDAG Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Suparno, Ketua DEKRANASDA Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Wirdayanti Romi yang diwakili oleh KABID Perindustrian, Rispa Susanti, perwakilan Pemerintah Kecamatan Muara Sabak Timur, peserta pelatihan, serta unsur lain yang terlibat dalam kegiatan tersebut dan dua orang instruktur batik dan ecoprint dari Yogyakarta.

Yulian selaku Comdev Spv PetroChina International Jabung Ltd. mengatakan, ini bukanlah yang pertama kalinya PetroChina dan Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur melaksanakan kegiatan yang berkaitan dengan membatik.

“Kita melaksanakan kegiatan pelatihan kepada masyarakat binaan PetroChina International Jabung Ltd., dalam bidang membatik. Ini merupakan salah satu bentuk kerja sama kita dengan Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur, dalam hal ini DISPERINDAG setempat,” ujarnya.

Yulian juga menjelaskan, kegiatan ini sendiri dilaksanakan selama empat hari dan diikuti oleh 20 orang peserta, yang berasal dari beberapa kecamatan yang ada di Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

“Untuk memaksimalkan pelatihan ini agar memperoleh hasil batik yang lebih memuaskan, kita juga mendatangkan langsung dua orang instruktur dari Jogja,” jelasnya.

“Topik kegiatan kali ini yaitu ecoprint, tujuannya untuk mengenalkan kepada masyarakat binaan kita, khususnya pembatik itu terkait teknik baru dalam membatik yang ramah lingkungan, dan bahan yang dipakai juga mudah didapat di lingkungan sekitar dengan harga yang lebih murah,” sambungnya.

Yulian juga menuturkan, penggunaan pakaian berbahan batik sendiri telah dilakukan oleh karyawan PetroChina International Jabung Ltd. setiap hari Jumat dan yang dikenakan oleh karyawan perusahaan adalah batik khas Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

“Setiap hari Jumat, karyawan di tempat kita menggunakan batik. Sesuai imbauan dari Bupati Tanjung Jabung Timur, agar kita menggunakan batik khas dari Tanjung Jabung Timur, itu juga sudah kita lakukan,” tuturnya.

“Selain itu, tujuan kegiatan ini juga untuk dapat membantu membuka lapangan pekerjaan usaha untuk masyarakat Tanjung Jabung Timur, agar mereka memiliki kemampuan yang bermanfaat dan dapat memperoleh pendapatan sendiri dari hasil membatik ini,” tambahnya.

Sementara itu, Rispa selaku KABID Perindustrian DISPERINDAG Kabupaten Tanjung Jabung Timur yang mewakili Ketua DEKRANASDA Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Wirdayanti Romi mengatakan, pihaknya sangat mendukung kerja sama antara PetroChina International Jabung Ltd. dengan Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur, khususnya DISPERINDAG.

Dikatakannya, harapan ke depan semoga kerja sama melalui bentuk pelatihan ini menjadi moment yang bisa menambah wawasan para perajin dan menambah kreativitas baru bagi perajin batik, sehingga kerajinan khususnya batik di Kabupaten Tanjung Jabung Timur semakin berkembang.

“Kami berharap juga munculnya wirausaha baru, khususnya di bidang kerajinan batik ini dan kami sangat mengharapkan juga perajin bisa berinovasi lagi. Selain ecoprint ini, juga ada pewarnaan-pewarnaan alam yang akan diajarkan oleh instruktur dari Jogja,” ujarnya.

Rispa menyampaikan, kerja sama antara PetroChina International Jabung Ltd. dan Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur selama ini berjalan sangat baik, karena sudah beberapa kali pelatihan yang dilaksanakan oleh PetroChina International Jabung Ltd. bekerja sama juga dengan DEKRANASDA belangsung sukses.

“Ke depannya kami harapkan kerja sama ini tetap berlanjut. PetroChina juga ada memberikan bantuan-bantuan alat produksi batik melalui CSR-nya kepada perajin-perajin kita,” ungkapnya. (Ut)

Bagikan
error: