Menyusul NASDEM, PSI Deklarasikan CAPRES dan CAWAPRES 2024

sekitarjambi.com – Partai Solidaritas Indonesia (PSI) resmi mendeklarasikan Calon Presiden (CAPRES). PSI mendukung Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, sebagai CAPRES pada Pemilihan Umum (PEMILU) 2024.

Wakil Ketua Dewan Pembina PSI, Grace Natalie, mengklaim bahwa terpilihnya nama Ganjar Pranowo merupakan hasil Forum Rembuk Rakyat yang telah diselenggarakan secara daring sejak akhir Februari 2022.

Selain CAPRES, PSI juga memilih nama lain sebagai Calon Wakil Presiden (CAWAPRES) di PEMILU 2024. PSI memilih putri kedua Presiden ke-5 RI Abdurrahman Wahid (Gus Dur), yakni Zanuba Arifah Wahid alias Yenny Wahid untuk mendampingi Ganjar.

Grace menilai Ganjar-Yenny sebagai kombinasi terbaik untuk melanjutkan kepemimpinan Presiden Joko Widodo setelah 2024. Ia berharap rakyat merestui keputusan PSI dengan mengusung dua sosok tersebut.

“Inilah pasangan yang akan didorong PSI untuk menjadi CAPRES dan CAWAPRES 2024 untuk mewujudkan Indonesia sebagai negeri yang adil dan toleran,” ujarnya.

Sebagai informasi, PSI secara Undang-Undang PEMILU saat ini belum memiliki kekuatan formal untuk mengusung calon peserta PILPRES 2024. Pasalnya berdasarkan aturan dalam Undang-Undang tersebut mengharuskan melengkapi syarat ambang batas pencalonan presiden (presidential threshold), seorang CAPRES harus diusung 25 persen suara sah nasional atau pemilik 20 persen kursi di DPR dari PEMILU sebelumnya. Sejauh ini, PSI hanya bisa sebagai partai pendukung yang merapat ke salah satu koalisi kelak untuk PILPRES 2024. (Iz)

Bagikan
error: