MENKEU RI Sri Mulyani Diisukan Mengundurkan Diri

sekitarjambi.com – Beredar informasi di media sosial yang menyebut bahwa Menteri Keuangan (MENKEU) RI, Sri Mulyani Indrawati, telah mengundurkan diri dari jabatannya. Hal tersebut dikaitkan dengan beredarnya poster yang juga diklaim sebagai beberapa pernyataan Sri Mulyani.

Namun dilansir dari website resmi MENKOMINFO pada Kamis (18/1/2023), mengungkapkan bahwa melalui Staf Khusus Menteri Keuangan Yustinus Prastowo menegaskan informasi yang beredar tersebut adalah hoaks.

MENKEU RI, Sri Mulyani, dipastikan hingga saat ini masih menjalankan tugasnya dan tidak pernah menyampaikan pernyataan soal pengunduran diri dari kabinet.

Isu mengenai pengunduran diri Sri Mulyani bermula dari pernyataan Ekonom Senior INDEF, Faisal Basri, yang buka-bukaan mengenai pernyataannya soal sejumlah menteri yang berencana mundur dari Kabinet Indonesia Maju, pimpinan Presiden Joko Widodo.

Selain Sri Mulyani Indrawati yang ia isukan akan mundur dari kursi menteri keuangan dan Basuki Hadimuljono sebagai Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Faisal mengatakan, daftar menteri yang akan mundur selanjutnya ialah yang merupakan teknokrat, bukan berasal dari partai.

“Pertama itu yang saya tekankan adalah para menteri yang tergolong teknokrat, soalnya kalau dari partai agak susah ya,” ujar Faisal Basri.

Faisal mengatakan, standar nilai yang mengganggu perasaan para menteri yang berniat mundur tersebut ialah terlalu banyaknya intervensi yang masuk dalam tugas dan fungsi mereka untuk kepentingan politik tertentu. Terlebih yang terkait dengan penggunaan anggaran negara.

Oleh sebab itu, Faisal mengatakan bahwa para menteri tersebut akan mundur pada waktunya. Ia juga menekankan para menteri itu harus mundur demi menyelamatkan kepentingan negara. (Iz)

Bagikan