Literasi Digital 2021 di Tanjab Timur Bahas Tema Hidup Produktif di Era Digital

sekitarjambi.com – Program Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 di Kabupaten Tanjung Jabung Timur, menggelar webinar bertajuk “Hidup Produktif di Era Digital”, berlangsung pada Sabtu, 25 September 2021, pukul 14.00 – 17.00 WIB.

Kegiatan masif yang diinisiasi dan diselenggarakan oleh Direktorat Pemberdayaan Informatika Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian KOMINFO RI ini, bertujuan mendorong masyarakat menggunakan internet secara cerdas, positif, kreatif, dan produktif, sehingga dapat meningkatkan kemampuan kognitif untuk mengidentifikasi hoaks, serta mencegah terpapar berbagai dampak negatif penggunaan internet.

Kegiatan yang diikuti puluhan peserta dari berbagai daerah ini menghadirkan narasumber yang berkompeten di bidangnya, yaitu Santy Muliasusanty S.Pi. selaku Praktisi Pendidikan, Dr. Iding Rosyidin, M.Si. selaku Dosen Komunikasi UIN Jakarta dan Konten Kreator YouTube-IRC 13, Dr. Zawaqi Afdal Jamil, M.Pd.I. selaku Dosen UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi, dan Pareza Alam Jusia, M.Kom. selaku Dosen Prodi Teknik Informatika Universitas Dinamika Bangsa Jambi. Bertindak sebagai Key Opinion Leader yakni @donikoil yang merupakan owner @godstarinc.

Salah seorang narasumber, Zawaqi mengatakan, literasi digital menjadi keniscayaan dalam dunia maya di era digital. Interaksi dan transaksi bagi warganet tidak dapat dihindari karena kebutuhan, efektivitas, dan efisiensi kehidupan. Alasan ini secara langsung melibatkan bermacam orang yang memiliki karakteristik dan karakter budaya.

“Oleh sebab itu, peraturan dan etika digital diperlukan untuk memandu dan mempertahankan media digital dalam kehidupan manusia di dunia maya,” ujar Zawaqi.

Pareza, yang juga merupakan narasumber pada webinar kali ini mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia yang telah menyelenggarakan acara webinar Literasi Digital 2021.

“Semoga seluruh unsur kepanitiaan diberi kesehatan selalu untuk dapat terus berkarya dan bermanfaat bagi masyarakat,” harap Pareza.

Diketahui, Webinar Literasi Digital 2021 yang diikuti puluhan peserta ini digelar secara gratis, dimana para peserta mendapat e-sertifikat dari Kementerian KOMINFO RI, dan ada hadiah voucher menarik untuk 10 peserta yang beruntung. (Tim)

Bagikan
error: