Wujudkan Wartawan Berkualitas Berkompeten, SKK Migas – PetroChina Dukung Gelaran UKW Angkatan VIII dan IX Tahun 2021

sekitarjambi.com – Kota Jambi, SKK Migas dan Kontraktor Kontrak Kerja Sama, salah satunya PetroChina International Jabung Ltd. bersama Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Jambi menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan VIII dan IX tahun 2021.

KKKS yang beroperasional di wilayah Sumatra Bagian Selatan turut mendukung dan memiliki andil besar dalam gelaran UKW ini, yakni PetroChina International Jabung Ltd.

Hadir secara langsung pada gelaran ini, yakni Comdev Supv. PetroChina International Jabung Ltd., Lasno beserta Staff Community Development yakni Resman, Kepala Bidang Humas Polda Jambi beserta Staff, Kapenrem 042 Garuda Putih, Pengurus PWI Provinsi Jambi, Penguji UKW diantaranya Firdaus Komar selaku Ketua PWI Sumatra Selatan, Sayid Iskandarsyah selaku Ketua PWI DKI Jakarta.

Dengan penerapan protokol kesehatan, pelaksanaan UKW berlangsung di salah satu hotel ternama di Kota Jambi, pada 24 dan 25 September 2021 bertajuk “Wujudkan Wartawan Berkualitas Berkompeten di Masa Pandemi Covid-19”.

Saat mendaftar, calon peserta wajib melampirkan bukti telah mengikuti vaksinasi Covid-19 minimal tahap pertama. Dari proses seleksi, terdapat 12 calon peserta yang tidak bisa mengikuti, dan terpilih sebanyak 48 wartawan untuk kompetensi muda, madya, dan utama.

“Dari 60 orang, ada 12 calon peserta tidak lolos verifikasi administrasi dan seleksi persyaratan, sehingga tidak bisa mengikuti. Sehingga, total 48 peserta dibagi tiga tingkatan. UKW ini harusnya pada Agustus yang lalu, tetapi karena PPKM di Kota Jambi, imbas dari semakin meningkatnya kasus Covid-19, maka terpaksa kita geser dengan tetap menerapkan protokol kesehatan,” ujar Paisal Kumar, Ketua Pelaksana pada Jumat, 24 September 2021.

Dalam kata sambutannya, Paisal Kumar menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak, atas dukungan hingga terselenggaranya UKW angkatan VIII dan IX.

“Saya atas nama panitia mengucapkan terima kasih untuk SKK Migas – KKKS, para penguji, dan semua pihak sehingga terselenggaranya UKW. Kami juga mohon maaf segala kekurangan dalam penyelenggaraan,” ujarnya.

Secara terpisah, Communication Manager PetroChina Jabung, Ginandjar, menyebutkan bahwa PetroChina bangga dapat mendukung upaya peningkatan kapasitas dan profesionalisme rekan-rekan jurnalis seperti UKW di Provinsi Jambi.

“Sebagai salah satu pemangku kepentingan di industri hulu migas, rekan-rekan wartawan memiliki tugas penting dalam menyebarluaskan informasi yang benar kepada masyarakat. Oleh karenanya, PetroChina mendukung kegiatan UKW ini sebagai salah satu upaya meningkatkan kemampuan dan profesionalisme wartawan. Semoga Jambi dapat menghasilkan lebih banyak wartawan yang profesional dan dapat mempertanggungjawabkan karya jurnalistiknya. Ke depannya, kami berharap kerja sama yang baik dapat selalu terjalin antara PetroChina dan rekan-rekan pers, baik melalui UKW maupun kegiatan lainnya,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Departemen Humas Perwakilan SKK Migas SUMBAGSEL, Andi Arie Pangeran menceritakan pelaksanaan UKW membutuhkan banyak perjuangan, karena masih berhadapan dengan pandemi Covid-19.

“Pelaksanaan UKW kali ini membutuhkan perjuangan yang berat, kondisi kita masih dalam pandemi. Mengingat pentingnya UKW, maka SKK Migas dan KKKS yang beroperasional di SUMBAGSEL memberikan dukungan kepada PWI Provinsi Jambi. UKW merupakan salah satu cara untuk menjamin kompetensi kemampuan para jurnalis,” tuturnya.

Diketahui, pada pelaksanaan UKW kali ini dari 48 peserta, tercatat yang hadir berjumlah 44 orang. Sebanyak 40 peserta dinyatakan kompeten, sedangkan empat lainnya belum dinyatakan kompeten, Sabtu (25/9/2021). Dengan rincian, tiga peserta UKW kompetensi muda dan satu peserta UKW kompetensi madya dinyatakan belum kompeten. (Ut)

Bagikan
error: