Ini Isi Kesepakatan antara Masyarakat dan Pertamina EP Asset 1 Jambi Field

sekitarjambi.com – Kota Jambi, Setelah puluhan orang yang mengatas namakan Forum Komunikasi Rukun Tetangga (FKRT) Kelurahan Kenali Asam Bawah, Kecamatan Kota Baru, Kota Jambi melakukan aksi penutupan sejumlah akses sumur Pertamina EP Asset 1 Jambi Field (PEP Jambi) pada Kamis (4/3), pada hari yang sama, Wali Kota Jambi Syarif Fasha bersama Kapolresta Jambi, turun langsung untuk membantu melakukan mediasi. 

Pada kesempatan ini, Wali Kota Fasha menuturkan akan membantu pembangunan jalan pada tahun 2022, jika Pertamina tidak memiliki kemampuan melakukan pembangunan.

“Syukur-syukur tahun depan (red: 2022) bisa langsung diselesaikan semuanya.  Jika tidak, sisanya akan dibantu Pemkot Jambi. Itu kesepakatannya” ujar Wali Kota Fasha..

Selain itu pada kesempatan ini Wali Kota Fasha mengatakan, apabila jalan tersebut sepenuhnya dibangun oleh Pemerintah Kota Jambi, maka Pertamina EP Jambi diharap menjaga, karena tonase kendaraan operasional yang melewati cukup berat.

 “Jadi, kalau ada kerusakan cepat diperbaiki.  Jangan sampai masyarakat turun ke jalan,” ujar Wali Kota dua periode ini.

Sementara itu, bertempat di Balai Kota Jambi, Wakil Wali Kota Jambi, dr. Maulana turut angkat bicara memediasi keinginan masyarakat di Kelurahan Kenali Asam Bawah.  Menurutnya, Pemerintah Kota Jambi akan memperjuangkan dan terus berkoordinasi dengan pihak Pertamina.

“Sumber dari DAK baru akan kita perjuangkan, dan kita akan terus berkoordinasi dengan Pertamina, bagaimana kelanjutannya dan bagaimana solusi tercepat.  Kita akan sama-sama berjuang.  Jika nanti DAK tidak dapat, kita lihat APBD, karena saat ini kita hanya fokus pada vaksinasi.  InsyAllah masih ada kesempatan untuk besinergi.” ujar Wawako Jambi, dr. Maulana.

Field Manager Pertamina EP Jambi, Hermansyah usai melakukan mediasi, mengatakan akan terus bersinergi dengan Pemerintah Kota Jambi.  Diutarakannya, PEP Jambi telah berupaya melakukan perbaikan, namun belum memenuhi harapan masyarakat.

 “Nanti kita akan usahakan akan perusahaan (red: PEP Jambi) bisa semaksimal mungkin membantu.  Akan kita rapatkan lagi dengan tim Pak Wali, seperti apa kesanggupan Pertamina,” jelasnya.

Diketahui, berdasarkan mediasi yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Jambi, pihak PEP Jambi menyanggupi pembangunan jalan dengan rincian 250 meter beton ditambah pembangunan drainase sepanjang 100 meter.  Pembangunan tersebut mencapai angka fantastis dengan penekanan pada kualitas, yakni senilai 1 Miliar Rupiah. 

Usai mediasi, Ketua Forum Komunikasi Rukun Tetangga (FKRT) Kelurahan Kenali Asam Bawah, Kecamatan Kota Baru, Kota Jambi, Soegiman menyatakan menyetujui upaya yang dilakukan oleh PEP Jambi.

“Kami setujui, dan kami minta kepastian mengenai tenggat waktu pengerjaan saja.” ungkapnya. (Tim)

Bagikan
error: