Gerakan Literasi Digital 2021 Gaungkan Menjaga Kualitas Belajar dari Rumah

sekitarjambi.com – Program Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 di Kabupaten Tanjung Jabung Timur, menggelar webinar bertajuk “Literasi Digital: Menjaga Kualitas Belajar dari Rumah”. Kegiatan ini berlangsung pada Kamis, 9 September 2021, pukul 14.00 – 17.00 WIB.

Kegiatan masif yang diinisiasi dan diselenggarakan oleh Direktorat Pemberdayaan Informatika Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian KOMINFO RI ini, bertujuan mendorong masyarakat menggunakan internet secara cerdas, positif, kreatif, dan produktif, sehingga dapat meningkatkan kemampuan kognitif untuk mengidentifikasi hoaks, serta mencegah terpapar berbagai dampak negatif penggunaan internet.

Kegiatan yang diikuti puluhan peserta dari berbagai daerah ini menghadirkan narasumber yang berkompeten di bidangnya, yaitu Muhamad Rosit, M.Si. selaku Wakil Dekan Bidang Akademik Fikom Universitas Pancasila, Dr. Iding Rosyidin, M.Si. selaku Dosen Komunikasi UIN Jakarta dan Konten Kreator YouTube-IRC 13, Muhammad Junaidi, S.Ag., M.Si. selaku Dosen Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, dan Kuswanto S.Pd., MS.Ed. selaku Dosen di STIE Syariah Al-Mujaddid. Bertindak sebagai Key Opinion Leader yakni @ninadubidudam yang merupakan owner @omo.bites, @lulalila.id, dan Mompreneur.

Kuswanto, salah seorang narasumber mengatakan, perlunya kegiatan ini untuk lebih menyebarluaskan link rekaman video ke sekolah-sekolah. Mengingat pentingnya informasi literasi digital, terutama ke sekolah-sekolah di Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

“Saya melihat antusias masyarakat sangat besar di webinar Literasi Digital ini,” ujar Kuswanto.

Junaidi, yang merupakan narasumber lainnya mengatakan, kegiatan ini perlu ditingkatkan lagi, salah satunya bermitra dengan sejumlah kampus, menghadirkan pembicara minimal dua orang dari daerah penyelenggara.

Menurut Junaidi, sosialisasi penyelenggaraan perlu melibatkan pemerintah daerah, agar kegiatan lebih memiliki akses yang kuat.

“Terima kasih, semoga kita tetap istikomah, semoga sehat dan lancar semua urusan,” ujar Junaidi.

Webinar Literasi Digital 2021 yang diikuti puluhan peserta ini digelar secara gratis. Para peserta mendapat e-sertifikat dari Kementerian KOMINFO RI, dan ada hadiah voucher menarik untuk 10 peserta yang beruntung. (Tim)

Bagikan
error: