PetroChina Jadi Perusahaan Terbaik Dalam Penyaluran CSR Tahun 2022 di Kabupaten Tanjung Jabung Barat

sekitarjambi.com – Tanjung Jabung Barat, Bertempat di Ruang Pola Kantor Bupati Tanjung Jabung Barat, perwakilan manajemen PetroChina International Jabung Ltd. menghadiri kegiatan tahunan forum Tanggung Jawab Sosial Lingkungan Perusahaan (TJSLP) tahun 2022, yang mengangkat tema Optimalisasi Peran Dunia Usaha dalam Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi COVID-19, Rabu (21/12/2022).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Government and Relations Superintendent PetroChina International Jabung Ltd., Setiaandika Priandaru, Bupati Tanjung Jabung Barat, Anwar Sadat, Kepala BAPPEDA Tanjung Jabung Barat, Dr. Katamso SA, S.E., M.E., unsur FORKOPIMDA, perwakilan OPD, dan beberapa perwakilan perusahaan yang tergabung dalam Forum TJSLP di Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Dalam sambutannya, Kepala BAPPEDA Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Dr. Katamso menyampaikan, saat ini terdapat 63 perusahaan yang tergabung dalam Forum TJSLP. Meski demikian, dari jumlah yang ada, hanya 25 perusahaan yang telah merealisasikan Corporate Social Responsibility (CSR), dan terdata hanya Petrochina International Jabung Ltd. yang terbaik dalam penyaluran CSR.

“Menyampaikan, jika saat ini ada sebanyak 63 perusahaan yang telah tergabung dalam Forum TJSLP tahun 2022. Kepada perusahaan yang tergabung di dalam Forum TJSLP agar bisa melaporkan realisasi Corporate Social Responsibility (CSR) di 2022 kepada pemerintah daerah,” ujar Dr. Katamso.

“Kami apresiasi kepada salah satu perusahaan terbaik dalam penyaluran CSR-nya, yang dalam hal ini perusahaan yang kegiatannya dalam pengelolaan sumber daya alam yakni PetroChina International Jabung Ltd.,” ungkapnya.

Dr. Katamso menyampaikan bahwa hingga tahun 2022, secara akumulatif dana yang telah dialokasikan pada program Forum TJSLP mencapai Rp 169.411.596.155,-.

Government and Relations Superintendent PetroChina International Jabung Ltd., Setiaandika Priandaru, mengatakan bahwa program CSR merupakan suatu kewajiban dan tanggung jawab perusahaan terhadap lingkungan sekitar. Dalam hal ini, PetroChina tetap berkomitmen untuk aktif turut dalam pembangunan ekonomi masyarakat Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

“Dua tahun lalu memang penyaluran CSR kita sempat menurun, karena lebih untuk pengendalian COVID-19. Namun sekarang setelah semua kembali normal, program-program yang menjadi tanggung jawab sosial kami dapat berjalan normal kembali dan lebih gencar,” ujarnya.

Pada acara ini, PetroChina ditunjuk sebagai Ketua Forum TJSLP Kabupaten Tanjung Jabung Barat, dan mengajak seluruh perusahaan yang tergabung dalam Forum TJSLP agar dapat mendukung program pemerintah dalam pembangunan, dengan menggencarkan program CSR-nya.

“Tentunya disini juga mengajak perusahaan yang tergabung di Forum TJSLP, ke depan agar menunaikan kewajiban mereka untuk menyalurkan dana CSR-nya. Ini guna mendukung suatu pembangunan di daerah Kabupaten Tanjung Jabung Barat, terutama di lingkungan perusahaan tempat perusahaan itu beroperasi,” ujar Setiaandika Priandaru.

Bupati Tanjung Jabung Barat, Anwar Sadat, mengatakan bahwa pertemuan Forum TJSLP tahun 2022 merupakan yang ketujuh kalinya, dan untuk yang pertama dalam masa pemerintahan dirinya sebagai kepala daerah.

“Saya dan Pak Wakil Bupati beranggapan sudah sangat banyak program dan kegiatan TJSLP yang terlaksana di beberapa tahun terakhir, semua bidang yang diamanatkan dalam PERDA Kabupaten Tanjung Jabung Barat nomor 1 tahun 2015 sudah ditangani melalui program TJSLP perusahaan. Besarnya realisasi dana CSR dari Forum TJSLP yang dialokasikan di bidang infrastruktur, menjadi bukti bahwa Forum TJSLP saat ini sudah mampu menjadi salah satu sumber dana komplementer untuk pembiayaan pembangunan daerah,” ungkapnya.

“Realisasi yang terbesar yakni dari perusahaan SKK Migas – PetroChina International Jabung Ltd. Berharap di tahun yang akan datang kontribusi PetroChina dapat lebih baik lagi, sebab apa yang direalisasikan PetroChina melalui TJSLP sangat memberikan manfaat bagi masyarakat, terutama masyarakat sekitar lingkungan perusahaan,” tambahnya.

Kegiatan ditutup dengan penandatangan prasasti oleh Bupati Tanjung jabung Barat, Anwar Sadat, bersama dengan perwakilan manajemen PetroChina International Jabung Ltd. dan 9 perusahaan yang melakukan kegiatan fisik dalam menyalurkan dana CSR di Kabupaten Tanjung Jabung Barat. (Tim)

Bagikan
error: