Fakta Menarik Fenomena Enam Planet dan Satu Satelit Sejajar

sekitarjambi.com – Fenomena langka enam planet dan satu satelit yakni Bulan tampak sejajar di langit pada hari ini, Jumat (24/6/2022). Enam planet tersebut yakni Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, Saturnus, dan Uranus. Keenam planet dan satu satelit berada dalam satu garis rotasi tata surya, pada waktu fajar sekira pukul 04.03 WIB.

Berdasarkan informasi dari keterangan pers Pusat Riset Antariksa Badan Riset dan Inovasi Nasional, berikut fakta- fakta menarik fenomena langka planet sejajar tersebut.

  1. Hanya terjadi 18 -19 tahun sekali
    Menurut Pusat Riset Antariksa Badan Riset dan Inovasi Nasional, fenomena lima planet sejajar ini terakhir terjadi pada tahun 2004 dan diprediksi akan terjadi kembali pada tahun 2040 mendatang.
  2. Bulan berada di tengah-tengah Mars dan Uranus
    Pada fenomena ini, Satelit Bumi yakni Bulan berada di tengah-tengah antara Mars dan Uranus, sehingga Jupiter, Mars, Bulan, Merkurius, dan Venus memiliki jarak sudut yang nyaris sama di setiap celah planetnya.
  3. Dapat dilihat dengan mata telanjang
    Kelima planet dapat dilihat secara mata telanjang atau tanpa menggunakan alat bantu. Namun khusus pengamatan Uranus, memerlukan teleskop minimal berukuran lensa 10 centimeter.
  4. Fenoma langka ini tidak berdampak pada kehidupan makhluk hidup di Bumi
    Fenoma langka ini tidak berdampak bahaya untuk kehidupan di Bumi. Namun sedikit mempengaruhi pasang surut air yang ada di Bumi, karena adanya tarikan gravitasi. (Iz)
Bagikan
error: