Eks “PETI” Jadi Pusat Keramba, Hasbi Anshory: Saya Berharap Ini Menjadi Contoh

sekitarjambi.com – Rimbo Tengah, Rusaknya alam akibat PETI juga sempat menjadi momok menakutkan bagi Dusun Sungai Buluh, Kecamatan Rimbo Tengah, Kabupaten Bungo, yang notabene sangat dekat dengan Ibukota Kabupaten Bungo. Salah satunya Suparno (60) yang dulunya merupakan penambang emas ilegal bersama warga lainya.

Tapi dengan sadar Ia cepat menghentikan perbuatan yang dapat merusak alam lebih jauh, dan beralih dalam pembudidayaan ikan keramba di daerah bekas Ia melakukan PETI bersama warga lainnya. Dari yang awal hanya memiliki beberapa anggota saja, saat ini Kelompok Sumber Rejeki telah memiliki 30 orang anggota, 113 petak keramba dengan luasan lahan 10,2 hektare yang berisikan ikan nila dan juga patin sebagai komoditi utama.

Hasbi Anshory yang juga merupakan Anggota komisi XI DPR-RI saat berdialog memberikan apresiasi bagi Suparno yang telah mampu merubah hal yang dapat berdampak buruk menjadi kegiatan produktif. “Saya apresiasi dengan tekad beliau yang mampu merubah pola pikir dan menghasilkan peluang bisnis,” jelasnya.

Lebih lanjut Ia juga memberikan masukan untuk Kelompok Sumber Rejeki yang sejak tahun 2019 telah mendapatan bantuan dari Bank Indonesia Provinsi Jambi dalam pemenuhan sarana dan prasarana yang mana masuk dalam program PSBI (Program Sosial Bank Indonesia) untuk berani dalam mengambil peluang lain seperti pembuatan pakan secara mandiri dan membuat produk olahan dari ikan yang dimiliki oleh kelompok ini agar dapat mendapat keuntungan yang lebih dan mendapatkan pangsa pasar baru agar menekan biaya yang besar jika harus menjual dalam keadaan hidup. “Kita akan berdiskusi dengan BI agar klaster ikan ini dapat dibantu sarana prasarana dalam pembuatan pakan dan juga produk olahan dari ikan,” ujarnya.

Dalam kegiatan yang sama, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi, Bayu Martanto juga mengatakan ini adalah potensi cukup bagus untuk pengembangan ekonomi kerakyatan dan akan semampunya kita bantu. “Kita akan bantu melalui program yang ada,” jelasnya.

Suparno mewakili Kelompok Sumber Rejeki mengucapkan terima kasih atas perhatian Anggota komisi XI DPR-RI Hasbi Anshory dan BI yang telah berkenan hadir berdialog dengan para anggota Sumber Rejeki. “Kami senang dan merasa bangga karena diperhatikan dan diberikan kesempatan berdialog untuk usaha kami ini,”. Ia juga berharap agar ini bisa menjadi percontohan bagi kelompok lainnya agar lebih menjaga alam dan juga bisa mandiri. (Ark)

Bagikan

164 thoughts on “Eks “PETI” Jadi Pusat Keramba, Hasbi Anshory: Saya Berharap Ini Menjadi Contoh

Tinggalkan Balasan

error: