Hasbi Anshory: Kita Akan Dorong Agar Masyarakat Bisa Mandiri Melalui PSBI

sekitarjambi.com – Pelepat Ilir, Kunjungan pertama dalam menyerap aspirasi masyarakat di dapilnya yang dilakukan anggota komisi XI DPR RI Hasbi Anshory kali ini langsung menuju Kabupaten Bungo, tepatnya di Dusun Lingga Kuamang, Kecamatan Pelepat Ilir, Senin (20/7).

Yakni mendatangi langsung Gapoktan Kuamang Mandiri yang mendapatkan program sosial Bank Indonesia Provinsi Jambi dalam klaster sapi, yang mana program ini sebagai wujud kepedulian negara, agar masyarakat mampu mandiri dengan mengembangkan potensi yang ada di daerahnya masing-masing.

Untuk diketahui, Gapoktan Kuamang Mandiri telah terbentuk sejak tahun 2018, dan saat ini beranggotakan 8 kelompok tani sebanyak 148 orang anggota, dengan jumlah sapi ternak sebanyak 1.340 ekor.

Bantuan yang disalurkan oleh Bank Indonesia Provinsi Jambi dalam program sosial ini merupakan program multiyears, dimana bantuan yang berkesinambungan yang sudah jelas dalam pemilihan penerima bantuan harus memenuhi berbagai aspek yang sudah menjadi standar penerima PSBI. Acara kali ini juga dihadiri langsung oleh Kepala BI Jambi yakni Bayu Martanto, Wakil Bupati Bungo Safrudin Dwi Apriyanto, Ketua dan anggota Gapoktan Kuamang Mandiri dan beberapa pejabat di lingkup Pemkab Bungo.

Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Jambi menyebutkan, bantuan yang diberikan ini sebagai sarana dan prasarana pengembangan klaster sapi. BI memberikan bantuan 2 unit rumah kompos, 1 unit gudang pakan, rehab 3 unit kandang, 2 unit mesin chopper, 2 unit traktor mini, 2 unit timbangan digital sapi, sarana produksi pakan silase, perlengkapan kantor, serta beberapa sarana lainnya. “Kita yakin apa yang sudah kita berikan dapat bermanfaat, serta meningkatkan perekonomian di sektor peternakan sapi dan kedepan program ini akan terus berlanjut, baik di bidang peternakan, maupun pertanian yang bertujuan dapat menekan inflasi dan juga membangkitkan sektor UKM di Provinsi Jambi di masa yang akan datang” ujarnya.

Ketua Gapoktan Kuamang Mandiri, Kodari mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu Gapoktannya terkhusus kepada Bank Indonesia Provinsi Jambi, Anggota komisi XI DPR-RI Hasbi Anshory serta Pemkab Bungo. “Kami akan manfaatkan apa bantuan yang kami terima secara maksimal, semua untuk kemajuan dan kemandirian kami disni,” jelasnya.

Hasbi Anshory dalam hal ini sebagai mitra kerja BI menyebutkan, Ia ingin turun langsung untuk melihat efektif atau tidaknya program PSBI saat ini. Jika efektif maka program ini bisa dilanjutkan dan bahkan ditingkatkan. “Saya berharap dengan adanya Saya di DPR-RI terutama saat ini Saya duduk di komisi XI, bisa bermanfaat bagi masyarakat terutama bagi UKM dan UMKM yang ada di Provinsi Jambi ini,” jelasnya.

Lebih lanjut Ia juga akan memperjuangkan agar hasil dari Gapoktan ini agar mendapatkan pasar yang jelas dan luas, kemudian ia juga akan membantu dalam pengembangan peternakan sapi tersebut. “Kita akan carikan mitra yang besar agar sapi-sapi dari gapoktan ini bisa merajai pasar yang ada di sumatra terkhusus Jambi,” pungkasnya. (Ark)

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: